Proses yang kita lakukan ini memang detail sampai pemeriksaan, standar operasional dan prosedur, kompetensi...
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perhubungan (Menhub)  Budi Karya Sumadi menegaskan akan mengintensifkan pemeriksaan terhadap  maskapai penerbangan maupun pesawat-pesawat milik maskapai.

"Ini sedang berjalan, karena ini bersamaan dengan kasusnya Lion Air, pada dasarnya kita akan mengintensifkan proses pemeriksaan-pemeriksaan baik terhadap maskapai maupun pesawat-pesawat itu sendiri," ujarnya di Jakarta, Senin malam.

Dia lebih lanjut menjelaskan bahwa jika terbukti ditemukan kelalaian, pihaknya akan memberikan pola tertentu berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang ada.

"Proses yang kita lakukan ini memang detail sampai pemeriksaan, standar operasional dan prosedur, kompetensi, dan sebagainya kita lakukan," ujar Menhub.

Sebelumnya Menhub pada Kamis (22/11) akan mengkaji audit keuangan maskapai untuk memastikan keuangan perusahaannya sehat yang berujung pada kepastian faktor keselamatan.

"Saya pikir usulan baik soal audit managemen dan finansial, ini kita akan diskusikan dalam apa yang ada dalam aturan. Kalau belum ada itu kita tindak lanjuti,” katanya usai Rapat Kerja dengan Komisi V DPR di Jakarta.

Dia menilai tidak semua maskapai memiliki rekam jejak yang kurang baik. "Beberapa ada yang mendapatkan penghargaan," tuturnya.

Menurut Budi, baik maskapai penerbangan berbiaya murah (LCC) maupun pelayanan lengkap (full service) harus menjamin keselamatan, tidak ada toleransi (mengabaikan keselamatan).
        
Baca juga: Menhub sebut kualifikasi penting maskapai penerbangan

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2018