Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ukraina, Shakhtar Donetsk, berhasil mempecundangi tuan rumah TSG Hoffenheim dengan skor 3-2 dalam laga penyisihan Grup F Liga Champions di Stadion Rhein-Neckar Arena, Sinsheim, Jerman, Rabu pagi WIB.

Setelah keunggulan dua gol yang dimiliki di awal laga berhasil diimbangi oleh tuan rumah, sebuah gol di masa injury time dicetak oleh Taison demi memastikan kemenangan tersebut, demikian catatan laman resmi UEFA.

Kemenangan tersebut membuat Shakhtar kini mengoleksi lima poin dan sementara ini berada di peringkat ketiga sekaligus memelihara asa untuk lolos ke 16 besar, dengan syarat memenangi laga pamungkas kala menjamu peringkat kedua, Olympique Lyon (7), pada 13 Desember mendatang.

Sedangkan Hoffenheim (3) yang menjadi juru kunci dan sudah pasti tak lolos ke 16 besar, memiliki tugas sulit jika ingin melanjutkan kiprah mereka di Eropa dengan turun kasta ke 32 besar Liga Europa, yakni wajib menang melawan pemuncak klasemen Manchester City (10).

Baca juga: Gol Aguero bawa Manchester City ke 16 besar

Tim besutan Julian Nagelsmann tak memulai pertandingan dengan baik kendati tampil di hadapan publiknya sendiri. Dalam kurun waktu 15 menit mereka sudah tertinggal dua gol dari tim tamu.

Ismaily membuka keunggulan Shakhtar lewat penyelesaian umpan satu dua sentuhan bersama Taison pada menit 13. Dua menit kemudian giliran Taison yang mencetak gol memanfaatkan umpan kiriman Junior Moraes.

Kendati demikian, Hoffenheim segera membalas pada menit 17 lewat gol Andrej Kramaric yang lolos dari jebakan offside demi menerima dan menyelesaikan umpan kiriman Ishak Belfodil.

Shakhtar sempat berpeluang mengubah kedudukan menjadi 3-1 pada menit 28 ketika Taison melepaskan umpan silang ke area tiang jauh yang berhasil disambut Moraes namun tandukannya masih menyamping dari sasaran.

Hoffenheim kemudian menyamakan kedudukan menjadi 2-2 ketika Steven Zuber dengan sigap melompat untuk menanduk bola muntah hasil umpan silang Pavel Kaderabek yang membentur barisan pertahanan Shakhtar pada menit 40.

Tuan rumah harus menyelesaikan pertandingan dengan 10 pemain ketika Adam Szalai menerima dua kartu kuning beruntun hanya dalam kurun waktu dua menit.

Kartu kuning pertama diperoleh ketika ia menjatuhkan Viktor Kovalenko dari belakang pada menit 58, yang segera disusul dengan jegalan berbahaya menggunakan dua kaki terhadap Mykola Matviyenko.

Baca juga: Hancurkan Benfica 5-1, Muenchen tembus fase gugur

Kendati bermain dengan 10 pemain, Hoffenheim tetap berusaha mengancam pertahanan tim tamu, sayang bola sepakan Zuber pada menit 69 masih membentur mistar gawang.

Kemudian pada menit 79 dan 81, Nico Schulz dan Nelson membuang percuma peluang emas yang dimiliki.

Shakhtar balik mengancam lewat Taison yang menyelesaikan umpan kiriman Alan Patrick pada menit 82, namun bola masih mengenai tiang gawang.

Pada masa injury time, tepatnya menit 90+2, atap tribun Rhein-Neckar Arena seolah runtuh menjatuhi para pendukung tuan rumah ketika Taison berdiri cukup bebas menyambut umpan tarik Ismaily dan mencetak gol penentu kemenangan Shakhtar.

Baca juga: Mandzukic bawa Juventus kalahkan Valencia dan lolos ke 16 besar

Baca juga: Fellaini cetak gol di pengujung laga, Manchester United lewati Grup H


Susunan pemain seturut laman resmi UEFA:

TSG Hoffenheim (3-5-2): Oliver Baumann; Havard Nordtveit (Florian Grillitsch), Kevin Vogt, Ermin Bicakcic; Pavel Kaderabek, Steven Zuber (Reiss Nelson), Kerem Demirbay, Andrej Kramaric, Nico Schulz (Vincenzo Grifo); Ishak Belfodil, Adam Szalai
Pelatih: Julian Nagelsmann

Shakhtar Donetsk (4-2-3-1): Andriy Pyatov; Mykola Matviyenko, Sergey Krivtsov, Davit Khotcholava, Ismaily; Maycon, Taras Stepanenko (Alan Patrick); Oleg Danchenko (Bohdan Butko), Viktor Kolavenko (Dentinho), Taison; Junior Moraes
Pelatih: Paulo Fonseca

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2018