Manado,  (ANTARA News) - Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Sulawesi Utara (Sulut) optimistis meraih juara umum pada Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) V tahun 2018 di Manado, 27 November-3 Desember.

Kepala Dispora Sulut, M.M. Sendoh, di Manado, Rabu,  mengatakan persiapan pembentukan tim telah dilakukan cukup lama mulai dari seleksi sampai dengan latihan intensif yang dilakukan oleh masing masing cabang olahraga. 

Ia mengatakan kontingen Sulut siap berlaga di Popwil yang diikuti para atlet pelajar dari enam provinsi.

 Keenam daerah itu masing-masing Sulut, Papua Barat, Maluku, Maluku Barat, Gorontalo dan Sulawesi Tengah.

Popwil itu mempertandingkan delapan cabang olahraga meliputi sepak bola, bola basket, sepak takraw, bola voli, tenis, tenis meja, bulutangkis dan pencak silat dengan jumlah medali diperebutkan 34 emas, 34 perak dan 51 perunggu.

Ia mengatakan kontingen Sulut akan ikut pada semua cabang olahraga dan menurunkan kekuatan 160 atlet dan pelatih.

Keikutsertaan kontingen Sulut di Popwil mendapatkan dukungan sepenuhnya dari Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw.

"Ini menjadi semangat bagi semua tim untuk tampil sempurna di semua cabang olahraga dan berharap target menjadi juara umum dapat tercapai," katanya.

Pemerhati olahraga George Joudy Lintjewas mengatakan Sulut di Popwil V tahun 2018 sangat berpeluang meraih juara umum.

"Ini karena kontingen Sulut mendapat dukungan Pemerintah Provinsi Sulut di bawah kepemimpinan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw yang sangat peduli bagi pembangunan olahraga di daerah," kata Lintjewas juga Sekretaris Umum Pengurus Provinsi Gabsi Sulut.

Baca juga: Kemenpora - Pemda Sulut gelar bimtek hadapi popwil Manado

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2018