Medan, (ANTARA News) - Tuan rumah PSMS Medan berhasil mewujudkan ambisinya mempecundangi tamunya Persebaya Surabaya dengan skor telak 4-0 dalam lanjutan Liga 1 Indonesia yang digelar di Stadion Teladan Medan, Sumatera Utara, Sabtu.

Tim yang berjuluk Ayam Kinantan ini membuka keunggulan melalui M .Alwi Slamet pada menit ke-15 melalui tendangan bebas yang dilakukan beberapa meter dari luar kotak penalti Persebaya.

Tendangan keras pemain nomor punggung 88 dari sudut kanan gawang gagal diantisipasi kiper Persebaya M .Saputra dan membuat keunggulan 1-0 untuk PSMS Medan.

Meski sudah unggul 1-0, para pemain PSMS tidak mengendurkan daya serangnya ke jantung pertahanan lawan. Hanya berselang dua menit, Felippe Martins nyaris menggandakan keunggulan untuk timnya, namun bola sundulannya dapat ditangkap kiper Persebaya.

Permainan semakin menarik karena kedua tim saling serang. Hanya saja tuan rumah lebih pada menit ke-35, Frets Butuan berhasil menggandakan keunggulan buat tuan rumah PSMS menjadi 2-0, setelah mendapat umpan terobosan dari Shohei Matsunaga dari tengah lapangan.

Gol yang diciptakan pemain nomor punggung 21 tersebut langsung disambut gempita oleh ribuan pendukung tuan rumah, apalagi PSMS sangat membutuhkan tambahan nilai dalam upaya lepas dari zona degradasi. Kedudukan 2-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Persebaya mulai bangkit dan mencoba mengendalikan permainan dengan mengandalkan bermain cepat satu dua sentuhan. Menit ke-48, David da Silva nyaris memperkecil ketertinggalan untuk Persebaya, namun bola sontekannya terlalu melebar meski kiper PSMS sudah mati langkah.

PSMS yang bermain di hadapan ribuan pendukung fanatiknya tidak mau terlalu lama didikte oleh lawan. Secara perlahan anak-anak Medan mulai mengatur pola permainan dan balik mencoba menekan.

Namun, hingga menit ke-60 belum ada gol tambahan tercipta di tengah jalannya laga yang mulai melambat akibat faktor kelelahan yang mendera pemain.

Pada menit ke-74, PSMS kembali menambah keunggulan dan kali ini dicetak Rahmat Hidayat dengan kaki kiri dari luar kotak penalti dan mengubah kedudukan 3-0 untuk tuan tumah.

Tidak puas dengan hasil 3-0, pada menit ke-88 PSMS menambah pundi-pundi gol dan kali ini Shohei Matsunaga yang mencetak gol dan mengubah skor menjadi 4-0. Kedudukan 4-0 untuk kemenangan tuan rumah PSMS tersebut bertahan hingga berakhirnya laga.

 "Kami ucapkan terimak asih kepada pemain yang telah bermain dengan baik sehingga kami bisa menang," kata pelatih PSMS Medan Peter Butler usai laga.

Dengan kemenangan ini PSMS naik satu peringkat pada klasemen ke posisi 17 dengan raihan 37 poin dari 32 pertandingan. Hasil ini membuka peluang PSMS lolos dari degradasi karena saat ini masih menyisakan dua pertandingan. ***4***
Baca juga: PSMS jalani laga "hidup mati" melawan Persebaya

Pewarta: Juraidi
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2018