Jakarta (ANTARA News) - Gelaran pamungkas Trial Game Asphalt (TGA) 2018 di Kanjuruhan, Malang, pada 15 Desember mendatang dipastikan berlangsung sengit karena sejumlah rider internasional akan turun di kelas Supermoto FFA 450 International.

Nama-nama yang sudah dipastikan turun adalah Lewish Cornish (Inggris), Jan Deitenbach (Jerman), dan Germain Vincenot (Perancis). Ketiga pebalap internasional tersebut didatangkan oleh 76 RIDER bertujuan supaya pembalap Indonesia bisa merasakan kompetisi tingkat dunia.

Di lintasan aspal Kanjuruhan, mereka akan beradu kecepatan dengan pebalap papan atas Indonesia antara lain Doni Tata, Farudilla Adam, Tommy Salim, Ivan Harry, hingga Pedro Wunner. Persaingan juga semakin keras dengan kehadiran sang juara Asia Gerry Salim dan juga pebalap Moto2 Dimmas Ekky.

Lewish Cornish bahkan sudah melakukan persiapan untuk tampil di Trial Game Asphalt.

"Saya sangat bersemangat dan tidak sabar untuk tampil di Trial Game Asphalt Malang. Saya sudah bilang ke Jan dan Germain, kalau kita akan sangat menikmati jalannya race nanti. Ini pasti akan luar biasa," kata Lewish yang merupakan Juara FIM Asia Supermoto 2017 dalam keterangannya, Sabtu (1/12) malam.

Ia juga memprediksi tidak mudah merebut tahta juara di Kanjuruhan dari pebalap Indonesia.

"Doni adalah teman saya, dan di awal tahun ini kami sempat berlatih motorcross bersama, jadi saya tahu dia adalah pria yang cepat. Sedangkan Farudilla benar-benar membuat saya terkesan di Subang dalam FIM Asia tahun ini. Saya tahu Ivan Harry juga sangat cepat. Jadi saya pikir saya harus bertarung keras menghadapi para pebalap ini," ujarnya.

Baca juga: Putaran final balap TGA 2017 digelar di Malang pekan depan

Berbeda dengan Lewish, Jan Deitenbach masih mempelajari calon lawan-lawannya. TGA di Malang akan menjadi momen pertama bagi pebalap asal Jerman ini menjajal supermoto di Indonesia.

"Tapi jelas saya sangat antusias dan menantikan untuk bersenang-senang di lintasan dengan mereka. Saya juga gembira karena menjadi pebalap Jerman pertama yang berlaga dalam Trial Game Asphalt di Indonesia," tutur juara FIM Asia Supermoto di Singapura beberapa waktu lalu.

Jan juga mengaku benar-benar beradaptasi dengan iklim tropis Indonesia yang menguras tenaga, terutama cuaca hujan. Dalam kondisi ini, pebalap lokal lebih punya keuntungan.

"Tapi balapan tetaplah balapan, semua peluang terbuka saat kita membalap di lintasan. Jadi saya akan bertarung sekuat mungkin untuk meraih podium juara," kata Jan yang memacu motor KTM dalam race di Malang.

Kesediaan Lewis, Jan dan Germain terbang jauh ke Indonesia dan bertanding di seri Trial Game Asphalt 2018 ini tak lepas dari animo tinggi penggemar balap motor di Indonesia. Bahkan, Lewish menyebut komunitas supermoto di Indonesia merupakan salah satu yang terbaik di Asia.

Trial Game Asphalt 2018 telah bergulir dalam empat seri yakni Semarang, Jogjakarta, Solo, dan Boyolali. Seri terakhir di Sirkuit Kanjuruhan Malang, para rider akan menjalani sesi kualifikasi pada hari Jumat (14/12) untuk menentukan pole position, kemudian pada Sabtu (15/12) sebagai race day yang menggelar balapan dua kali yakni sore dan malam.

Baca juga: Balap trail 76 Trial Game Asphalt dimulai hari ini

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018