Jayapura (ANTARA News) - Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) mengunjungi Provinsi Papua dalam rangka ekspedisi jalur darat ke-34 untuk membangun komunikasi bagi 34 gubernur menghadapi tantangan revolusi digital.

Tim ekspedisi jalur darat ke-34 yang dipimpin oleh Ki Agus Firdaus ini diterima langsung oleh Asisten Bidang Pemerintahan Setda Provinsi Papua Doren Wakerkwa di Jayapura, Senin.

 Ki Agus Firdaus, ketua tim ekspedisi tersebut mengatakan Papua merupakan provinsi ke-30 yang telah dikunjungi dengan dua misi utama, yakni pertama menggandeng media besar untuk mengangkat potensi serta inovasi di setiap wilayah.

"Kedua, kami diperintahkan pemerintah pusat untuk membangun komunikasi dan peran bagi 34 gubernur guna menghadapi tantangan revolusi digital," katanya.

Ki Agus mengatakan, dalam hal ini APPSI menggandeng salah satu perusahaan e-commerce seperti "Bukalapak" untuk membantu 34 provinsi dalam connecting digitalnya.

"Bukalapak ini kami tidak hanya melihat dari aplikasi jual-belinya namun dari sisi perusahaan teknologi informasi (IT) yang nantinya akan membantu 34 provinsi tersebut untuk menciptakan `smart profil` dan membantu meningkatkan kesejahteraannya," ujarnya.

 Dia menambahkan, dengan dua agenda utama APPSI inilah nanti akhirnya akan tercipta e-catalog integrasi digital di mana surplus dari 34 provinsi ini masing-masing akan tampil.

 "Jadi tidak perlu mengecek stok bahan-bahan yang habis yang mau dikirim ke luar kota, namun dengan aplikasi ini akan otomatis terbaca sendiri dan barangnya akan dikirim langsung ke provinsi yang membutuhkan," katanya.

Baca juga: Mendagri anjurkan APPSI sering komunikasi ke Presiden Jokowi
Baca juga: APPSI: Gubernur harus sadar implikasi MEA

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2018