Jakarta (ANTARA News) - Tangan dan kaki tiba-tiba menjadi dingin padahal suhu udara tak begitu rendah mungkin pernah dialami sebagian orang, normalkah keadaan ini? 

"Tangan dan kaki dingin adalah keluhan umum. Tapi umumnya, ketika ini terjadi pada orang muda yang sehat, itu tidak perlu dikhawatirkan," kata Natalie Evans, spesialis vaskular dari Klinik Cleveland, seperti dilansir Medical Daily, beberapa waktu lalu. 

Tetapi jika tangan atau kaki Anda berubah dingin meskipun hanya dalam suhu moderat, Anda mungkin mengalami sesuatu yang dikenal sebagai sindrom Raynaud. Walau tidak berbahaya, ada gejala yang bisa Anda temui seperti perubahan warna menjadi putih, biru, atau merah.

Sebaiknya segera berkonsultasi pada dokter jika mengalami gejala ini. Dokter bisa meresepkan beberapa bentuk perawatan jika Anda mengalami gejala yang menyusahkan seperti kulit mengeras atau luka (di ujung jari tangan atau kaki) yang tidak mudah sembuh.

Mereka yang memiliki Raynaud biasanya tidak menghadapi masalah selama bisa melindungi diri mereka sendiri dari dingin yaitu mengenakan sarung tangan dan kaos kaki. 

"Hal lain yang bisa terjadi adalah kejang. Anda memiliki pembuluh darah kecil di ujung jari dan jika mulai kejang, itu membuat darah sulit mencapai ekstremitas," ujarMelisa Lai Becker, kepala bagian pengobatan darurat di Cambridge Health Alliance.

Dalam kasus lain, tangan atau kaki dingin bisa menjadi gejala kelenjar tiroid yang kurang aktif atau hipotiroidisme. Awasi terus level energi Anda karena kondisi ini biasanya ditandai dengan kelelahan yang konstan.

Jika Anda mencurigai ada masalah dengan fungsi tiroid" dokter akan dapat mendiagnosisnya dengan tes darah sederhana.

Dalam kasus dewasa yang lebih tua, kaki dingin mungkin merupakan tanda penyakit arteri perifer (PAD), suatu kondisi yang menyebabkan penyumbatan atau penyempitan arteri. Anda mungkin juga mengalami gejala lain seperti kram dan perubahan abnormal pada kuku Anda. 

Secara umum, Anda tak perlu khawatir jika ada bagian tubuh Anda yang dingin. Beberapa individu mungkin hanya rentan terhadap kondisi ini tanpa penyebab yang mendasarinya.

Jika Anda ingin meredakan gejala tanpa obat, cobalah bergerak lebih banyak untuk meningkatkan sirkulasi di tangan dan kaki Anda. 

Selain itu, kenakanlah lapisan pakaian ekstra terutama saat musim dingin, menggunakan bantalan pemanas atau sekedar merendam tangan atau kaki Anda di air hangat

Baca juga: Kemenkes: tubuh kecil perempuan berbahaya bagi kesehatan

Baca juga: Penelitian: bentuk tubuh berkaitan dengan kepribadian seseorang

Baca juga: Hoaks pekan ini, organ tubuh untuk dijual hingga vaksin MMR sebabkan autis

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018