Kita buat lebih efisien 'losses'-nya daripada standar yang berlaku
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Asosiasi Produsen Peralatan Listrik Indonesia (APPI) Karnadi Kuistono menjamin produk peralatan listrik buatan dalam negeri lebih efisiensi dalam mengonsumsi daya listrik.

"Mohon supaya pakailah produksi dalam negeri karena kita jamin susut listrik atau losses-nya sesuai standar yang berlaku, bahkan kita buat lebih efisien losses-nya daripada standar yang berlaku," ujarnya saat konferensi pers Manufacturing Indonesia 2018 di Jakarta, Rabu.

Dia lebih lanjut menjelaskan bahwa menggunakan produk karya anak bangsa juga selain menghemat devisa juga bisa mengurangi biaya produksi industri itu sendiri.

Menurutnya, pelaku bisnis dan industri di Indonesia belum memahami risiko mengimpor dan menggunakan peralatan listrik dari luar yang murah, namun menimbulkan susut yang tinggi.

"Kita kadang-kadang pikirannya yang penting murah tapi losses-nya tinggi, jadi ujung-ujungnya biaya yang ditanggung oleh negara tinggi," tegas Karnadi.

Menurutnya, pemerintah sayangnya tidak pernah memberikan sanksi terhadap impor produk peralatan listrik yang sejenis yang murah namun berisiko menimbulkan susut yang tinggi.

Baca juga: Kementerian ESDM terbitkan tata cara penetapan tarif listrik investasi
Baca juga: Presiden pasang listrik gratis untuk keluarga tak mampu di Bogor

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2018