counter

Legislator tanam pohon di Kebun Raya Indrokilo-Boyolali

Legislator tanam pohon di Kebun Raya Indrokilo-Boyolali

MUSIM TANAM SAYURAN LERENG MERAPI Seorang petani beraktivitas menanam bibit kentang di lahan pertanian lereng Gunung Merapi di Selo, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (26/11/2018). Selesai musim panen tembakau, para petani lereng gunung Merapi mulai beralih menanam sayuran dengan sistem tumpang sari agar memperoleh hasil yang maksimal guna meningkatkan ekonomi warga setempat. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/ama.

Masyarakat makin cinta dalam menanam dan memelihara pohon di lingkungan masing masing, sehingga  lingkungan tetap terjaga iklim yang sejuk rindang di wilayah ini
Boyolali, Jateng, (ANTARA News) - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-68 DPRD Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, legislator daerah itu melakukan penanaman pohondi Kebun Raya Indrokilo, Kelurahan Kemiri Kecamatan Mojosongo, Kamis.

Anggota DPRD Boyolali bekerja sama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat, mengajak masyarakat melakukan penanaman pohon dengan tujuan agar lebih cinta dengan lingkungannya, dan salah satunya tempat yang dipakai berlokasi di kawasan  wisata edukasi Kebun Raya Indrokilo.

Menurut Ketua DPRD Kabupaten Boyolali, S. Paryanto, kegiatan penanaman pohon sebagai sarana untuk mengajak masyarakat Boyolali untuk lebih mencintai lingkungannya.

Paryanto mengimbau agar masyarakat makin rajin menanam pohon untuk meninggalkan warisan, sekaligus menjaga iklim di wilayah Boyolali tetap sejuk, dan meninggalkan sumber-sumber mata air untuk generasi ke depan.

"Masyarakat makin cinta dalam menanam dan memelihara pohon di lingkungan masing masing, sehingga  lingkungan tetap terjaga iklim yang sejuk rindang di wilayah ini," kata Paryanto.

Selain itu, pihaknya juga selalu memberikan dukungan terkait dengan program pembangunan di Kabupaten Boyolali khususnya di Kebun Raya Indrokilo. 

Pihaknya memilih kebun raya ini, karena banyak masukan dari masyarakat mengenai penambahan dan pembenahan beberapa fasilitas objek wisata pendidikan di Kampung Tempurejo, Kelurahan Kemiri, Kecamatan Mojosongo itu.

"Kegiatan ini, secara umum untuk penambahan dan pembenahan, juga bagaimana agar lingkungan ini, tetap sejuk. Kami yang jelas akan memberikan satu dukungan sehingga makin terkabarkan dan tersiar, sehingga masyarakat secara umum akan berbondong bondong ke Kebun Raya Indrokilo ini," kata Paryanto.

Bupati Boyolali, Seno Samodro, mengatakan, pihaknya mendukung kegiatan anggota DPRD dalam rangka ikut menjaga dan melestarikan pohon-pohon di Kebun Raya Indrokilo.

Menurut Bupati, penambahan pohon di kebun raya akan meninggalkan warisan untuk anak cucu hingga ratusan tahun yang akan datang. Implementasinya ini, kerja nyata semoga akan bertahan ribuan tahun mendatang.

"Makin kaya kebun raya, untuk mengajarkan generasi milenium. Bahwa generasi sebelumnya akan mewariskan mata air, bukan air mata," kata Bupati.

Baca juga: Patung "Sosro Birowo" akan dibangun di Kebun Raya Indrokilo

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar