Jakarta (ANTARA News) - Pusat Robot Indonesia (Puri) Robotics meramaikan industri teknologi di Indonesia sebagai distributor robot layanan atau services robot bagi berbagai bidang usaha maupun rumah tangga yang membutuhkan bantuan pelayanan.

"Puri Robotics ini khusus untuk robot services. Kami ingin menjadi pusat robot," kata Presiden Direktur Puri Robotics, Jully Tjindrawan, saat ditemui di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Sabtu.

Perusahaan ini baru menghadirkan robot buatan China dan Jepang selama dua minggu belakangan ini, dengan target penggunaan di rumah sakit, restoran maupun di rumah.

Jully belum bisa menyebutkan angka, namun, robot-robot itu selain dijual juga dapat dipakai dengan sistem sewa, antara lain per hari dan per delapan jam. 

Robot layanan yang mereka sediakan antara lain tipe Snow yang dapat menjadi resepsionis di rumah sakit, hotel, dan sekolah, kemudian robot Amy yang dapat menjadi pelayan di restoran, hotel, bar, dan kafe.

Puri Robotics juga menyediakan robot Alice yang dilengkapi teknologi kecerdasan buatan dan pengenal wajah sehingga ketika digunakan di hotel dan restoran, misalnya, ia dapat menyapa orang yang wajahnya telah direkam.

Jully telah berkecimpung di dunia robotik Indonesia sekitar 14 tahun, selain mendistribusikan robot dia juga merencanakan Puri Robotics akan memiliki Rumah Robot Indonesia di mal Season City tahun depan.

Rumah Robot Indonesia dirancang untuk menjadi taman bermain sekaligus tempat untuk mempelajari sains dan robotikam juga teknologi augmented reality (AR) dan virtual reality (VR).

Selain tempat belajar robot, Jully mengaku berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk kurikulum robot di sekolah.

Baca juga: Kominfo dorong SDM Indonesia kuasai bidang robotik
Baca juga: Universal Robots dorong Indonesia jadi pusat manufaktur Asia

 

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018