counter

Konser PSM IPB galang Rp1,5 miliar untuk mahasiswa tidak mampu

Konser PSM IPB galang Rp1,5 miliar untuk mahasiswa tidak mampu

Konser kolaboratif digagas Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Institut Pertanian Bogor Agria Swara dan PSM Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung yang berlangsung di Tan Siong Kie Hall ACS Jakarta. (ANTARA FOTO/HO-Agus Lelana/2018)

Jakarta, (ANTARA News) - Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar menggalang Rp1,5 miliar dana pendidikan melalui konser amal untuk membantu mahasiswa yang termasuk dalam kategori tidak mampu.

Di bawah pimpinan Arvin Zeinullah, PSM IPB Agria Swara tampil membawakan 20 lagu diantaranya "Karena Kau Ada" (Farman Purnama), "Damai Bersamamu" (Chrisye), serta sejumlah lagu daerah seperti "Yamko Rambe Yamko", "Lisoi", dan "Bungong Jeumpa" dalam pergelaran Voices that Care di auditorium Telkom Landmark Tower, Jakarta, Sabtu malam.

"Lewat kegiatan ini kami ingin menunjukkan bahwa filantropi bisa dimulai sejak dini, kalau mahasiswa tidak bisa membantu dengan rupiah mereka bisa menyumbangkan suara untuk membantu teman-teman mereka melanjutkan pendidikan," kata Ketua Penyelenggara Konser Amal Voices that Care Tjandra Wibowo kepada media.

Menurut Tjandra, dana yang berhasil dihimpun bukan hanya dari 750 lembar tiket konser yang habis terjual tetapi juga dari sponsor.

Penyelenggaraan konser yang didukung oleh Yayasan Alumni Peduli IPB (YAPI) ini juga melibatkan aktris Prisia Nasution yang tampil membacakan puisi.

Sementara busana anggota paduan suara dirancang oleh desainer Raden Sirait, lulusan Sosial Ekonomi Pertanian IPB. 

Konser ini bertujuan menggalang dana beasiswa bagi mahasiswa tidak mampu yang jumlahnya mencakup 53 persen dari total sekitar 4.000 mahasiswa yang masuk ke IPB setiap tahunnya.

Beasiswa Bidik Misi dapat membiayai lebih kurang 20 persen mahasiswa yang masuk kategori tidak mampu, sisanya dibantu oleh berbagai pihak yang sangat peduli dalam bidang pendidikan, termasuk YAPI.

"Kami ingin mengembangkan pengumpulan dana abadi sehingga setiap mahasiswa berprestasi kita akan bantu untuk mencapai mimpinya," kata Ketua YAPI Heri Sunaryadi.

Sejak dibentuk 11 November 2016, YAPI telah membantu menyediakan beasiswa bagi 255 mahasiswa ditambah 55 mahasiswa melalui kerja sama dengan program tanggung jawab sosial perusahaan PT Jasaraharja Putera.

YAPI bertekad melanjutkan kegiatan sosialnya agar bisa membantu memberikan beasiswa untuk 1.000 mahasiswa tidak mampu setiap tahunnya. ***4***

Baca juga: YAPI IPB gelar Charity Choir Concert Voices

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar