counter

Metropolitan

Menteri perhubungan inspeksi mendadak ke Kali Adem

Menteri perhubungan inspeksi mendadak ke Kali Adem

Menteri Perhubungan, Budi Sumadi (kiri), memeriksa manifes penumpang dan jaket keselamatan di Pelabuhan Kali Adem Muara Karang Jakarta Utara, Sabtu (15/12). (istimewa)

Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perhubungan, Budi Sumadi, inspeksi mendadak ke Pelabuhan Kali Adem, Muara Karang, Jakarta Utara, Sabtu, guna memantau kegiatan penyeberangan moda transportasi laut menjelang liburan Natal dan Tahun Baru.

Ia sempat menanyakan kepada petugas perihal antrean pembelian tiket kapal di Pelabuhan Kali Adem menuju Kepulauan Seribu.
"Kenapa antre begini bukannya sudah online," kata dia.

Tanpa pengawalan, dia turun dari kendaraan dinas menuju tempat penjualan tiket kapal penumpang di Pelabuhan Kali Adem.

Ia juga sempat terlibat perbincangan dengan salah satu penumpang untuk menginformasikan penjualan tiket sudah melalui daring atau online.

Salah satu penumpang tidak mengetahui penjualan tiket kapal telah diberlakukan secara online. Usai meninjau pelayanan tiket, dia langsung mengunjungi kapal yang siap berangkat. Satu persatu nakhoda kapal ditanyakan terkait pemeriksaan mulai dari manifes penumpang hingga kelengkapan jaket keselamatan.

Ia menuturkan kegiatan sidak ke Pelabuhan Kali Adem untuk memeriksa langsung kesiapan petugas dan keselamatan moda transportasi laut jelang libur Natal dan Tahun Baru.

"Kali Adem ini bisa menjadi moda pelabuhan yang baik untuk keselamatan penyeberangan. Tentu ini harus didukung, pertama kapal itu harus memenuhi standar keselamatan," kata dia.

Ia memastikan seluruh kapal laik jalan termasuk kesiapan dan kompetensi awaknya setelah dilakukan ramp check terhadap kapal yang akan melakukan penyeberangan.

Terkait tiket, dia menyebutkan hal itu kewenangan pemerintah Provinsi DKI, dan telah berjalan cukup baik namun perlu sosialisasi lebih masif.

Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar