Jakarta (ANTARA News) - Mayjen TNI (Mar) Suhartono yang sebelumnya menjabat Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) resmi menjabat Komandan Korps Marinir TNI Angkatan Laut (AL).

Jabatan baru tersebut diembannya setelah acara serah terima jabatan (sertijab) dari pejabat sebelumnya Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono.

Dalam acara sertijab tersebut, juga dilakukan pembacaan sumpah jabatan dan penandatangan pakta integritas yang merupakan hal baru di lingkungan TNI dan langsung dipimpin Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Dalam kesempatan tersebut, Siwi membacakan Surat Keputusan Panglima TNI nomor 1240/XI/2018 tentang pengangkatan dan pemberhentian jabatan di lingkungan TNI.

Sebelum menjadi Komandan Korps Marinir, Suhartono merupakan Komandan Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) Sejak Maret 2017. Saat itu ia juga menggantikan Bambang Suswantono.

Selain itu dirinya juga pernah menjabat Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut XI Merauke, Komandan Resimen AAL, Asrena Dankormar, Komandan Brigif 2 Marinir, dan Komandan Detasemen Jalamangkara (Denjaka).

Mayjen TNI (Mar) Bambang Suhartono akan menempati jabatan barunya sebagai Asisten Potensi Maritim Kepala Staf Angkatan Laut (Aspotmar Kasal).

Dalam acara sertijab tersebut juga ditampilkan berbagai aksi kemampuan Korps Marinir seperti atraksi terjun payung "free fall", serangan kilat Detasemen Jala Mengkara (Denjaka), defile pasukan dan defile kendaraan tempur Korps Marinir.

Selain itu juga ditampilkan kendaraan tempur Korps Marinir antara lain Tank Amfibi BMP-3F, Landing Vehicle Tank (LVT)-7, Roket Multi Laras (RM) 70 Grad, Meriam  How-105, Tank Tatra, dan Sea Rider.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Sigit Pinardi
Copyright © ANTARA 2018