Kita ingin melihat sejauh mana komitmen gampong dalam melaksanakan program inovasi desa dalam pertemuan koordinasi ini
Meulaboh, Aceh (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, mengundang dan memfasilitasi pertemuan seluruh perangkat desa untuk memantapkan koordinasi dalam rangka mengawal replikasi inovasi desa.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat DPMG Aceh Barat, Kemal Pasya di Meulaboh, Senin (31/12) 2018 mengatakan, tujuan kegiatan rakor tersebut merupakan upaya mewujudkan program desa sesuai komitmen seluruh pemerintahan desa atau gampong.

"Kita ingin melihat sejauh mana komitmen gampong dalam melaksanakan program inovasi desa dalam pertemuan koordinasi ini," katanya dalam pernyataan yang disampaikan kepada  kepada wartawan.

Tim Inovasi Kabupaten Aceh Barat menggelar rapat koordinasi tim inovasi kabupaten Program Inovasi Desa (PID) tahun 2018, yang berlangsung di aula Beppeda Aceh Barat.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Barat Drs Adonis, M. Si yang mewakili bupati dalam sambutannya mengatakan, melalui pertemuan itu diharapkan dapat memunculkan ide - ide kreatif dalam membangun desa.

"Sebagai salah satu kabupaten yang menjalankan Program Inovasi Desa, kami berkeinginan besar agar gampong - gampong saling bertukar ide kreatif," katanya.

Kemudian diharapkan, pihak desa mereplikasi inovasi - inovasi yang sesuai dengan kondisi gampong masing - masing pada perencanaan kegiatan di tahun mendatang.

Adonis juga berharap melalui program inovasi desa itu, akan mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif.

"Sehingga desa akan lebih efektif menyusun penggunaan dana desa sebagai investasi dalam meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh unsur pejabat pemerintah setempat, para camat, pendamping desa, pendamping lokal desa, serta Lembaga Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD).

Baca juga: TMMD Aceh Barat buka jalan 6,5 km

Baca juga: Mendes: Kapasitas pendamping desa perlu ditingkatkan

Pewarta: Anwar
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019