Jakarta (ANTARA News) - Pelatih tim sepak bola nasional India Stephen Constantine menegaskan bahwa tim asuhannya terus mengalami kemajuan dan siap membuktikannya pada laga pertamanya di grup A kejuaraan Piala Asia 2019 melawan Thailand di Al Nahyan Stadium, Abu Dhabi,  Uni Emirat Arab, Minggu petang waktu setempat.

Seperti dikutip dalam laman resmi AFC, Minggu, pelatih asal Inggris itu mengatakan bahwa tim India banyak berubah dan mengalami kemajuan pesat dalam empat tahun terakhir ini.

"Yang banyak berubah dalam empat tahun terakhir ini terutama mental tim. Jika sebelum kami berpikir bagaimana supaya tidak kalah dengan banyak gol, kini pikiran kami adalah bagaimana supaya menang.

India saat ini merupakan tim yang terkuat di kawasan Asia Selatan. Mereka juga tidak menemui kesulitan untuk dapat lolos ke putaran final Piala Asia 2019.

Di peringkat FIFA tim India menduduki urutan 97, sedangkan di Asia di urutan 15.

Menghadapi Thailand, Constantine memperkiraan pertandingan akan berlangsung ketat. "Kami pastikan pertandingan akan sangat ketat. Thailand adalah tim yang bagus," kata pelatih yang sudah empat tahun menangani tim India itu.

Para pemain India kini dalam kondisi bugar dan tidak ada yang cedera, katanya.

Di grup A juga terdapat tuan rumah Uni Emirat Arab dan Bahrain. 

Kiper tim India Gurpreet Singh Sandhu mengatakan bahwa ia dan rekan-rekannya memiliki motivasi yang tinggi untuk bisa menunjukkan performa terbaik di Piala Asia 2019.

"Seperti yang dikatakan pelatih, kami sudah bekerja keras dalam empat tahun terakhir, dakm akan akan tampil maksimal saat masuk lapangan," katanya.

Baca juga: Data dan fakta tim India di Piala Asia 2019

Sementara itu pelatih tim Thailand Milovan Rajevac juga mengatakan bahwa timnya sudah siap untuk pertandingan menghadapi India.

"Pertandingan pertama selalu penting, apalagi di turnamen besar ini. Kami aku tim India banyak kemajuan dalam beberapa tahun terakhir, tapi tim kami sendiri juga melakukan persiapan dengan baik," katanya.

Rajevac juga menengaskan bahwa tim Thailand yang datang di Piala Asia 2019 berbeda dengan tim di Piala AFF Desember lalu, dimana tim berjuluk "Gajah Perang" itu kandas di babak semifinal.

"Ya, kami memang kalah di Piala AFF tapi ketika itu kami tanpa sejumlah pemain andalan dari klub-klub luar negri. Jadi siatuasinya sekarang beda. Kami kini punya tim yang lebih kuat dan siap untuk bisa lolos grup," ujarnya.

Rajevac juga mengakui kemajuan pesat dalam tim India.

"Secara fisik sebagian besar pemain India kini berpostur tinggi dan lebih kuat. Saya juga mengenal pelatih India cukup berpengalaman," katanya.

Baca juga: Thailand yakin bisa lebih baik di Piala Asia 2019

Baca juga: Data dan fakta tim Thailand di Piala Asia 2019


 

Pewarta: Teguh Handoko
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019