Jakarta, (ANTARA/Jacx) - Sebuah akun media sosial belum lama ini memposting informasi tentang Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman adalah adik aktivis mahasiswa tahun 1966 Soe Hok Gie. 

Klaim    : Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman adalah adik dari Soe Hok Gie, dengan nama lahir Soe Hok Djin.
Rating   : Salah/Misinformasi

Penjelasan :
Dari penelusuran yang dilakukan ANTARA dan Tim Subdit Pengendalian Konten Internet Kementerian Komunikasi dan Informatika. , Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman bukanlah Arief Budiman adik dari Soe Hok Gie sebagaimana yang dimaksud oleh postingan di akun media sosial tersebut.

Dikutip dari buku berjudul Tokoh-Tokoh Etnis Tionghoa di Indonesia karya Sam Setyutama, Arief Budiman adik dari Soe Hok Gie lahir di Jakarta pada 3 Januari 1941. Sementara Ketua KPU Arief Budiman, dikutip dari pemberitaan ANTARA, lahir di Surabaya pada 2 Maret 1974.

Selain itu Arief Budiman yang merupakan adik Soe Hok Gie merupakan alumnus Universitas Indonesia sementara Ketua KPU Arief Budiman merupakan alumnus Sastra Inggris Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya pada 2000, Hubungan Internasional Fisip Universitas Airlangga pada 2002, dan Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi UGM pada 2010.

 
Tangkapan layar klarifikasi dari Tim Subdit Pengendalian Konten Internet Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Pewarta: Tim Jacx dan Kominfo
Editor: Panca Hari Prabowo
Copyright © ANTARA 2019