Jakarta (ANTARA News) - Band rock Jepang flumpool mengumumkan di laman resmi, Minggu, bahwa mereka telah kembali dari hiatus. Band Negeri Sakura itu menggelar konser jalanan di kampung halaman mereka di Tennoji Park, Osaka, Minggu. 

Dilansir Anime News Network, band itu akan mengadakan tur klub penggemar pada Februari dan Maret, lalu menggelar tur kesembilan di Jepang dari Mei hingga September.

Flumpool mulai vakum sejak Desember 2017 agar vokalis Ryuta Yamamura untuk proses penyembuhan tenggorokannya. Pada saat itu, flumpool menyatakan akan melanjutkan aktivitas setelah Ryuta pulih.

Tenggorokan Ryuta dalam kondisi buruk setelah band tersebut manggung di Pacifico Yokohama pada Desember 2017. 

Lewat blog, Ryuta menulis dirinya menderita disfonia, dan itu adalah kali pertama penyakit itu diketahui oleh anggota band dan staf. 

Baca juga: Flumpool berharap musiknya disambut baik Indonesia

Ryuta menjalani operasi untuk menghilangkan polip tenggorokan pada Juni 2010, dan proses penyembuhan berlangsung sekitar satu bulan. Kondisi tenggorokannya mulai memburuk pada awal 2017, lalu kembali membaik pada musim panas. Saat flumpool mulai manggung di tur nasional pada September 2017, kondisi Ryota memburuk jelang akhir tur.

Flumpool dibentuk pada Januari 2007 dan telah menyanyikan lagu-lagu tema anime seperti "Ajin", "Infini-T Force" dan "Captain Earth" juga film live action "Sakurada Reset".

Ryuta juga menjajal dunia akting lewat drama live action "Totsuzen Desu ga, Ashita Kekkon Shimasu (Everyone's Getting Married)" pada Januari 2017 yang diadaptasi dari komik karya Izumi Miyazono.

Baca juga: Band Jepang Ikimonogakari vakum

Baca juga: Band rock Jepang Vamps "menggigit" di Jakarta

 

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019