counter

Puskesmas Serongga Kotabaru-Kalsel ditetapkan Kemenkes sebagai percontohan

Puskesmas Serongga Kotabaru-Kalsel ditetapkan Kemenkes sebagai percontohan

Menkes Gendong Bayi Menkes Nafsiah Mboy menggendong bayi yang baru berusia empat jam saat mengunjungi Puskesmas Alalak Selatan, Banjarmasin, Kalsel, Rabu (27/2). Menurut Nafsiah Mboy, pemerintah memberikan jaminan di bidang kesehatan kapada 86,4 juta masyarakat miskin di seluruh Indonesia melalui berbagai program. (FOTO ANTARA/Herry Murdy Hermawan)

Penunjukan Puskesmas Serongga menjadi percontohan hendaknya dijadikan modal untuk mengembangkan puskesmas yang lainnya mendapatkan status akreditasi paripurna
Kotabaru, Kalsel (ANTARA News) - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menetapkan Puskesmas Serongga di Kecamatan Kelumpang Hilir, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan menjadi puskesmas pencontohan.

Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru, H Akhmad Rivai, di Kotabaru, Senin mengatakan penunjukan Puskesmas Serongga menjadi percontohan hendaknya dijadikan modal untuk mengembangkan puskesmas yang lainnya mendapatkan status akreditasi paripurna.

"Akreditasi paripurna yang meliputi penyelenggaraan sumber daya puskesmas meliputi sarana, prasarana, alat kesehatan, dan tenaga sesuai dengan standar; " katanya.

Di samping itu pencapaian kunjungan keluarga dalam rangka Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) 100 persen di wilayah kerja puskesmas; peningkatan capaian Indeks Keluarga Sehat (IKS) dan capaian 12 indikator PIS-PK di wilayah kerja puskesmas; dan pencapaian hasil penilaian kinerja puskesmas dengan kategori baik.

Untuk itu dalam rangka pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan puskesmas sebagai percontohan yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan provinsi dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kotabaru sesuai dengan kewenangan masing-masing.

Kadis Kesehatan menjelaskan, penetapan Puskesmas Serongga sebagai puskesmas pencontohan melalui Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/636/2018 tanggal 16 November 2018 tentang Puskesmas Sebagai Percontohan.

"Hal ini sangat membanggakan dan memeliki tugas serta tanggung jawab yang diemban cukup berat," ujar Akhmad Rivai.

Puskesmas mempunyai tugas melaksanakan kebijakan kesehatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya, perlu didukung dengan keberadaan Puskesmas sebagai fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama yang ideal untuk memberikan pelayanan kesehatan.

Di sampaikan bahwa jumlah puskemas yang tersebar di 21 kecamatan se-Kabupaten Kotabaru sebanyak 28 puskesmas terdiri atas 12 puskesmas perawatan dan 16 puskesmas nonperawatan.

Baca juga: Warga Lansia dapat pelatihan kesehatan di Puskesmas

Baca juga: Kotabaru minta pemerintah tanggung kepesertaan BPJS Kesehatan

Pewarta: Imam Hanafi
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar