pada 2018 di Kabupaten Bekasi tedapat 87.449 bidang tanah, sertifikat yang sudah dikeluarkan mencpai 29.000 sertifikat
Bekasi (ANTARA) - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional menargetkan sertifikasi tanah di Kabupaten Bekasi,  Jawa Barat, akan selesai pada 2025.

"Untuk Kabupaten Bekasi sudah 62 persen bidang tanah yang terdaftar, masih ada 48 persen lagi dan insya Allah akan kita selesaikan pada 2025," kata Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil saat penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat oleh Presiden Joko Widodo di Jababeka Convention Center Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi, Jawa Barat,  Jumat. 

Ia menyebutkan pada 2018, di Kabupaten Bekasi tedapat 87.449 bidang tanah,  sertifikat yang sudah dikeluarkan mencpai 29.000 sertifikat.

"Pada hari ini hadir 3.500 penerima sertifikat yang berasal dari Kabupaten Bekasi," katanya. 

Dalam kesempatan itu Presiden Jokowi menyerahkan sertifikat itu secara simbolis kepada 12 orang wakil penerima. 

Dalam sambutannya Presiden Jokowi antara lain mengingatkan bahwa  Indonesia merupakan negara besar.  

"Saya titip negara kita negara besar,  penduduk kita 260 juta yang tersebar di 17.000 pulau,  514 kabuoaten/kota di 34 provinsi," katanya. 

Artinya, lanjut Kepala Negara,  Indonesia negara besar bukan negara kecil, bandingkan dengan Malaysia yang jumlah penduduknya 24 juta.

"Suku juga banyak sekali,  kita punya 714 suku,  bandingkan dnegan Afghanistan yang hanya tujuh suku," katanya. 

Menurut dia,  Indonesia dianugerahi kemajemukan suku,  agama,  adat,  tradisi, bahasa daerah.  "Itu sudah hukum Allah yang diberikan kepada kita bangsa Indonesia.  Karena itu mari kita jaga persatuan,  persaudaraa, kerukunan,  kita jaga ukhuwah kita karena bagsa ini bangsa besar," ujar Presiden.
 

Pewarta: Agus Salim
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2019