Bantul (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengharapkan kotak suara bekas yang telah dihibahkan ke pemerintah setempat dapat dioptimalkan untuk kegiatan demokrasi lokal di daerah tersebut.

"Hibah kotak suara alumunium ini diharapkan dapat dimanfaatkan secara optimal oleh pemerintah daerah terutama dalam kegiatan-kegiatan demokrasi lokal di Bantul," kata Ketua Komisi Pemilhan Umum (KPU) Bantul Didik Joko Nugroho di Bantul, Sabtu.

Menurut dia, kotak suara berbahan alumunium yang dihibahkan kepada Pemda Bantul dan diserahkan terimakan pada Jumat (25/1) itu sebanyak 1.918 kotak, hal itu sesuai dengan permohonan hibah dari pemerintah daerah kepada KPU beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan, kotak suara alumunium ini selain bisa dimanfaatkan untuk kegiatan Pemilihan Kepala Desa (pilkades) juga untuk kegiatan pemilihan ketua OSIS (Pemilos) baik jenjang SMA maupun SMP yang sudah terlaksana di Bantul secara rutin setiap tahun.

"Kotak suara alumunium yang sudah difungsikan sejak Pemilu 2004, Pemilu 2009 hingga Pemilu 2014 dipastikan masih dalam kondisi baik sehingga ke depan perlu dirawat dan dijaga keutuhannya," kata Didik.

Didik mengatakan, logistik pemilu bekas itu dihibahkan karena pada Pemilu 2019 tidak digunakan karena sudah ada kotak suara pengganti yang terbuat dari karton. Kotak suara untuk Pemilu serentak pada April mendatang itu sudah diterima KPU Bantul.

"Selain 1.918 kotak suara yang dihibahkan, ada sebanyak 6.384 kotak suara aluminium yang sudah dihapuskan melalui lelang. Sesuai aturan kotak suara yang sudah tidak terpakai harus dihapuskan," katanya.

Sementara itu, Didik mengatakan, terkait kotak suara karton untuk Pemilu 2019 semuanya sudah diterima KPU Bantul dari KPU RI sebanyak 15.200 kotak ditambah kotak suara untuk rekapitulasi di masing-masing PPK (panitia pemilihan kecamatan) 17 kecamatan.

"Untuk kotak suara karton, memang sudah kita hitung sesuai dengan peruntukan terutama untuk fasilitasi di sebanyak 3.040 TPS se-Bantul, tiap TPS lima jadi totalnya 15.200 kotak, selain itu kotak rekap di PPK," katanya.

Baca juga: KPU Bantul targetkan partisipasi pemilih pemilu 82 persen

Baca juga: KPU Bantul rangkai kotak suara pemilu mulai Februari

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019