Polri kehilangan sosok Awaloedin Djamin

Polri kehilangan sosok Awaloedin Djamin

Presiden Soeharto (kiri) memberikan ucapan selamat kepada Letjen Polisi Awaloedin Djamin (kanan) saat pelantikannya sebagai Kapolri yang baru menggantikan Jenderal Polisi Widodo Budidarmo di Istana Negara, Jakarta, (25/9/1978). Mantan Kapolri Jenderal Pol (Purn) Awaloedin Djamin meninggal dunia pada Kamis (31/1/2019) di Rumah Sakit Medistra, Jakarta dan rencananya almarhum akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, pada Jumat (1/2/2019). ANTARA FOTO/Rachman/wsj.

Pemikiran-pemikiran beliau banyak disumbangkan untuk kemajuan Polri
Jakarta (ANTARA News) - Polri menyampaikan duka mendalam atas berpulangnya mantan Kapolri Jenderal (Purn) Awaloedin Djamin.

"Polri turut berduka yang mendalam atas meninggalnya Bapak Awaloedin," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Pol Syahar Diantono di Mabes Polri, Jakarta, Kamis.

Syahar mengatakan Polri sangat kehilangan sosok Awaloedin karena jasa dan pengabdiannya yang besar untuk institusi Polri selama ini.

"Beliau turut berjasa sangat besar bagi Polri dan mengabdikan dirinya untuk Polri. Pemikiran-pemikiran beliau banyak disumbangkan untuk kemajuan Polri," katanya.

Jenderal (Purn) Awaloedin Djamin lahir di Padang, Sumatera Barat, 26 September 1927.

Awaloedin pernah menjadi anggota DPR Gotong Royong pada 1964-1966.

Ia pun dipercaya untuk mengemban tugas sebagai Menteri Tenaga Kerja dalam Kabinet Ampera pada era Presiden Soeharto pada tahun 1966-1967.

Pada 1970, pria asal Minang ini menjadi Direktur Lembaga Administrasi Negara.

Selanjutnya lada 1976, Awaloedin ditunjuk menjadi Duta Besar RI untuk Jerman Barat.

Awaloedin pun tercatat menjabat sebagai Kepala Kepolisian RI pada periode 1978-1982.

Awaloedin juga didapuk sebagai Bapak Satpam Indonesia karena dia mempelopori lahirnya satpam.

Kisah pengabdian Awaloedin untuk Polri dan Indonesia akhirnya terhenti karena sakit yang dideritanya. Ia pun menghembuskan nafas terakhirnya saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Medistra, Jakarta Selatan, Kamis.

Jenazahnya akan dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata pada Jumat (1/2). Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian pun dijadwalkan menjadi inspektur dalam upacara penghormatan pemakaman Awaloedin. 

Baca juga: Mantan Kapolri Jenderal Purn berpulang
Baca juga: Wapres terima Ketua Syarikat Oesaha Adabiah

 

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Satpam punya seragam baru, begini awal cerita ada satpam di Indonesia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar