Dari semua kelompok pengeluaran yang memberikan andil inflasi pada bulan Januari di Kota Lhokseumawe dan sekitarnya, maka kelompok pengeluaran kesehatan, terutama sub kelompok jasa kesehatan, memberikan andil yang besar terhadap inflasi
Lhokseumawe, Aceh (ANTARA News)- Jasa kesehatan memberikan andil yang besar terhadap angka inflasi di Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, pada Januari 2019, sehingga Kota Lhokseumawe tercatat angka inflasinya sebesar 0.14 persen.

Data yang dihimpun dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Lhokseumawe, Jumat, menyebutkan bahwa pada bulan Januari, hampir semua kelompok pengeluaran mengalami kenaikan indeks, kecuali kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan yang malah mengalami deflasi.

"Dari semua kelompok pengeluaran yang memberikan andil inflasi pada bulan Januari di Kota Lhokseumawe dan sekitarnya, maka kelompok pengeluaran kesehatan, terutama sub kelompok jasa kesehatan, memberikan andil yang besar terhadap inflasi pada bulan ini," kata Kepala BPS Kota Lhokseumawe, Yudi Yos Elvin.

Kelompok kesehatan pada Januari 2019 mengalami inflasi sebesar 0,93 persen atau terjadi kenaikan indeks dari 120,21 pada bulan Desember 2018 menjadi 121,33 pada Januari 2019.

Di antara sejumlah sub pada kelompok kesehatan tersebut, Subkelompok yang mengalami kenaikan indeks secara signifikan adalah subkelompok jasa kesehatan. yakni sebesar 3. 97 persen.

Sedangkan komoditas yang mendorong laju inflasi pada kelompok kesehatan di antaranya berasal dari komoditas dokter spesialis sebesar 0,0142 persen serta tarip rumah sakit sebesar 0,0207 persen.

Sedangkan subkelompok obat-obatan, subkelompok jasa perawatan jasmani, serta subkelompok perawatan jasmani dan kosmetika tidak mengalami perubahan indeks.

Sementara itu, secara umum Inflasi yang terjadi di Kota Lhokseumawe disebabkan adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh kenaikan indeks pada hampir seluruh kelompok pengeluaran.

Selain itu, kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan yang mengalami deflasi sebesar 0,91 persen serta kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga yang tidak mengalami perubahan indeks.

Sedangkan sejumlah kelompok pengeluaran lainnya ikut memberi andil inflasi yaitu kelompok kesehatan sebesar 0,93 persen, kelompok bahan makanan sebesar 0,44 persen, kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,25 persen dan kelompok sandang sebesar 0,13 persen, serta kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan embakau sebesar 0,02 persen, demikian Yudi Yos Elvin .

Baca juga: Transportasi dan komunikasi beri andil inflasi Lhokseumawe

Baca juga: Polres Lhokseumawe turunkan tim kesehatan pasca banjir

Pewarta: Mukhlis
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019