Tiga embung dialokasikan untuk atasi kekeringan di Kabupaten Sabu Raijua-NTT

Tiga embung dialokasikan untuk atasi kekeringan di Kabupaten Sabu Raijua-NTT

Area persawahan mengering akibat musim kemarau di Atambua, NTT, Jumat (5/10/2018). Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kupang, kekeringan di NTT terus meluas, dari yang semula melanda lima kabupaten bertambah menjadi 11 kabupaten dari 21 kabupaten/kota. ANTARA FOTO/Kornelis Kaha/kye

Pemerintah daerah telah menyiapkan titik-titik lokasi untuk pembangunan embung yang memiliki daya tampung lebih besar
Kupang, (ANTARA News) - Penjabat Bupati Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timurm Nikodemus Rihi Heke, mengemukakan daerahnya mendapat alokasi pembangunan tiga embung dari pemerintah pusat pada 2019 untuk mengatasi kekeringan yang sering terjadi di kabupaten itu.

"Infomasi yang kami dapat dari pemerintah pusat membantu pembangungan sekitar tiga embung untuk kami di tahun ini," katanya kepada Antara ketika dihubungi dari Kupang, Senin.

Ia mengharapkan dukungan pembangunan embung itu dari berbagai kalangan guna mengatasi bencana kekeringan yang sering melanda masyarakat maupun lahan-lahan pertanian di daerah itu

Saat ini, katanya, pembangunan embung dengan dukungan dari APBN sudah menyebar di Pulau Sabu maupun Pulau Raijua.

"Hanya saja belum memenuhi setiap kecamatan, kemudian yang ada juga berukuran kecil sehingga kita berharap ada embung yang lebih besar sehingga bisa mengatasi kekeringan," kata dia.

Dia menjelaskan pemerintah daerah telah menyiapkan titik-titik lokasi untuk pembangunan embung yang memiliki daya tampung lebih besar.

Nikodemus menjelaskan tentang daerah setempat yang rawan terhadap kekeringan akibat musim kemarau berkepanjangan.

Ia mencontohkan kekeringan hebat terjadi pada 2017 yang membuat masyarakat di daerah itu mengalami kesulitan air bersih karena sumber-sumber air mengering.

"Karena itu kita butuh banyak bangunan sumber air, salah satunya dengan dukungan dari APBN untuk embung ini," kata dia.

Ia menambahkan pemerintahannya juga telah menyiapkan dukungan dana untuk mengantisipasi kekeringan dengan program pasokan air.

"Persiapan ini berupa penyaluran air bersih dengan mobil-mobil tangki air ke lokasi yang nantinya terdampak kekeringan," kata dia.

Baca juga: Kabupaten Sabu Raijua NTT darurat kekeringan

Baca juga: Sabu Raijua bangun 75 embung atasi kekeringan

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar