Biak (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Biak Numfor, Papua, mengajak kalangan insan pers di Biak untuk mengawal proses pemungutan suara Pemilu serentak 17 April 2019 yang demokratis, damai, aman dan berintegritas.

"Wartawan media cetak dan elektronik melalui sajian informasinya mempunyai kontribusi besar dalam mendukung penyelenggaraan pemilu damai," kata Ketua KPU Biak Jackson S. Maryen di Biak, Sabtu, menanggapi Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2019.

Jackson mengakui, informasi tentang tahapan penyelenggaraan Pemilu serentak 2019 telah banyak dipublikasikan media sehingga membantu KPU dalam menyebarluaskan informasi ke publik.

Pada Pilkada serentak 2018, lanjut dia, media cetak dan elektronik memberikan andil besar dalam meningkatkan edukasi pelaksanaan demokrasi kepada warga dalam menyalurkan hak pilihnya secara bebas.

Momentum Hari Pers Nasional 9 Februari, menurut Jackson, diharapkan menjadi penyemangat kerja bagi kalangan wartawan yang bertugas di Kabupaten Biak Numfor.

"Jajaran KPU Biak Numfor mengucapkan selamat kepada insan pers Biak yang sudah mendukung dalam penulisan berita untuk mewujudkan? penyelenggaraan tahapan pemilu damai," katanya.

Ia berharap wartawan yang bekerja di Biak Numfor dapat menggencarkan informasi berita tentang tahapan Pemilu serentak 17 April 2019 sehingga bisa menambah partisipasi pemilih hingga 80 persen.

Hingga saat ini pelaksanaan tahapan Pemilu serentak di Kabupaten Biak Numfor berjalan lancar sesuai dengan jadwal kegiatan dan program KPU Biak.

Baca juga: KPU: Pelanggaran terhadap deklarasi kampanye damai akan dinilai publik
Baca juga: Peserta pemilu diingatkan kampanye tidak saling menjelekkan
Baca juga: KPU Bangka gelar Deklarasi Damai Pemilu 2019

Pewarta: Muhsidin
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019