Jayapura (ANTARA News)- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Provinsi Papua membangun Bank sampah di daerahnya.

Sekertaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura, Alberto Marbase di sela-sela peresman Bank sampah "Unit Crystal Fire" Sentani di Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu, mengemukakan dengan adanya bank sampah pihaknya merasa lega karena dapat meringankan beban.

Menurut dia, dampak dari adanya bank sampah ini sangat positif bagi masyarakat umum. Pihaknya juga sudah memiliki bank sampah induk yang sudah lama beroperasi.

"Menjelang Go Adipura, kami melihat sudah banyak perubahan, terutama masalah kebersihan di Kabupaten Jayapura. Ini semua atas kerja sama dan dukungan dari semua pihak di kabupaten ini," katanya.

Bank sampah ini, menurut dia, mendapat penilaian tersendiri dari Menteri lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam Go Adipura sehingga diharapkan dapat menjadi contoh bagi komunitas lain.

Alberto mengapresiasi komunitas-komunitas yang hingga kini peduli terhadap masalah kebersihan lingkungan hidup, terutama soal sampah.

Prosesi peresmian bank sampah Unit Crystal Fire Sentani ini dilakukan secara simbolis oleh Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura, Alberto Marbase mewakili Bupati setempat.

Setelah peresmian, dilanjutkan dengan penyerahan alat timbangan dan ATK secara simbolis dari Ketua Bank Sampah Induk Komba kepada ketua unit Bank Sampah Crystal Fire.

Hadir dalam acara itu Wakapolsek Sentani Kota, Perwakilan Yonif 751/Raider Letda Taufik R, Ketua Bank Sampah Induk Komba Farah, Ketua Bank Sampah Unit Crystal Fire Ipo Yoku.

Turut hadir tokoh Agama pendeta Yosef Toisuta, Perwakilan Dinas Koperasi dan UKM Yovita Rumakito, Perwakilan Dinas PUPR Andereas L. Hurunama, Perwakilan WWF Ade Sangadji, Manajer Marketing Hotel Horex Etiana Laondi serta Masyarakat dan Aktivis peduli Lingkungan.

Lokasi Bank Sampah Unit Crystal Fire Sentani itu beralamat di Jln. Stadion No. 05, tepatnya di Dojo perguruan KKI Shorinji, Sentani, Kabupaten Jayapura.*


Baca juga: Warga diimbau kurangi penggunaan kantong plastik

Baca juga: Pegadaian resmikan program Bank Sampah di Banyuwangi


 

Pewarta: Musa Abubar
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019