Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Ratu Tisha Destria mengatakan, mulai tahun 2019, setiap klub di Liga 1 Indonesia wajib mempunyai empat tim yaitu tim elite pro academy U-16, U-18, U-20 dan skuat senior.

"Hal itu termasuk program pengembangan pemain muda PSSI yang disahkan di kongres," ujar Ratu Tisha di Jakarta, Rabu.

Dia melanjutkan, untuk melancarkan berjalannya program tersebut, PSSI menjalin komunikasi dengan semua klub. 

Pembahasan lebih detail terkait itu akan dilakukan PSSI dalam rapat umum pemegang saham (RUPS) PT Liga Indonesia Baru yang rencananya digelar Senin (18/2).

"Ini merupakan tantangan yang harus dibicarakan dengan duduk bersama dengan klub, terutama dari dari sisi logistik, investasi pengembangan usia muda, komitmen mereka seperti apa," tutur Ratu Tisha.

Setelah menggelar Liga 1 U-19 pada tahun 2017-2018 dan Liga U-16 pertama sepanjang sejarah di tahun 2018, PSSI terus menggencarkan kompetisi sepak bola usia dini.

Di tahun 2019, PSSI menjadwalkan adanya Liga 1 U-16, U-18, serta U-20 yang menggantikan U-19 yang harus diikuti oleh semua klub peserta Liga 1.

Menurut Ratu Tisha, hal itu dilakukan agar setiap anak Indonesia yang berbakat memiliki jalan yang jelas untuk menjadi pemain tim nasional.

"Jadi anak-anak tahu caranya bagaimana caranya masuk timnas," tutur dia.

Ratu Tisha menggambarkan, jalan seorang anak menuju tim nasional berawal dari turnamen remaja Piala Soeratin di tingkat provinsi. Kemudian, yang terbaik dari sana akan menapaki jenjang elite pro academy di liga U-16 ataupun U-18.

Di sini, para pemain terpilih akan diikutsertakan ke program Garuda Select yang diberangkatkan ke luar negeri selama beberapa bulan. Merekalah cikal bakal timnas junior.

Yang tidak terpilih, dapat melanjutkan karier di kompetisi kelompok umurnya masing-masih entah itu di U-16, U-18, U-20 ataupun di Liga 1 Indonesia sebagai tingkatan tertinggi.

"Artinya mereka bisa terus berkompetisi walau tidak berada di timnas. Yang tidak masuk timnas U-16, misalnya, dapat terus mengasah kompetisinya di liga untuk diseleksi ke timnas U-18 dan seterusnya," kata Ratu Tisha. 

Baca juga: Laga Persib vs Arema FC diundur
Baca juga: Menpora minta PSSI dampingi Simic di Australia
Baca juga: Pembina Persija tolak KLB PSSI
Baca juga: Satgas masih selidiki pemberi instruksi penghancuran dokumen PSSI


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019