counter

Surakarta siapkan sekolah untuk anak dengan HIV/AIDS

Surakarta siapkan sekolah untuk anak dengan HIV/AIDS

Petugas medis melihat interior Rumah Singgah bagi Anak Dengan HIV/AIDS (ADHA) di Jurug, Solo, Jawa Tengah, Rabu (6/12/2017). Sebanyak 12 ADHA yang sebelumnya ditolak warga tiga kampung di Solo akan ditampung Rumah Singgah Yayasan Lentera yang dibangun Pemkot Solo dengan bantuan perusahaan dan Kementerian Sosial. (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Solo, Jawa Tengah (ANTARA News) - Pemerintah Kota Surakarta telah menyiapkan sembilan sekolah untuk Anak Dengan HIV/Aids (ADHA) dari Yayasan Lentera Surakarta, yang menghadapi penolakan dari sekolah sebelumnya.

"Untuk sekolahnya mana saja belum bisa kami sampaikan, yang pasti kami sudah menyediakan sekolah bagi mereka," kata Kepala Dinas Pendidikan Surakarta Etty Retnowati di Solo, Jumat.

Ia berharap di sekolah yang baru nanti ke-14 ADHA tersebut tidak lagi mendapat penolakan seperti yang mereka alami di SDN Purwotomo Surakarta.

"Pada prinsipnya kami tetap mengupayakan anak-anak tersebut mendapatkan pendidikan yang layak di sekolah formal," katanya.

Ia hanya mengatakan sekolah yang baru tersebut letaknya tidak jauh dari rumah singgah tempat mereka selama ini tinggal.

Kesembilan sekolah tersebut, menurut dia, sudah menyatakan siap menampung ADHA agar bisa mendapatkan pendidikan formal seperti anak-anak lainnya.

Mengenai kapan anak-anak tersebut bisa kembali bersekolah, Etty mengatakan pemerintah mengupayakan mereka bisa secepatnya kembali bersekolah.

Ketua Yayasan Lentera Solo Yunus Prasetyo berharap anak-anak dengan HIV/AIDS bisa ditempatkan di satu sekolah saja agar para pengurus Yayasan Lentera lebih mudah mengantar dan menjemput mereka.

"Kalau misalnya sekarang satu sekolah dua anak, siapa yang mau antar jemput, stafnya siapa. Kami ini bukan PNS yang dibayar, tetapi kami relawan. Tolong itu juga dipikirkan," katanya.

Ia berharap anak-anak tersebut bisa kembali bersekolah agar tidak tertinggal dalam pelajaran.

"Apalagi sebentar lagi UTS (ujian tengah semester). Kalau tidak segera diurus, anak-anak ini mau ujian di mana," katanya.

Baca juga:
ODHA masih ditekan stigma negatif di tempat kerja
KPPPA: jangan lagi diskriminasi ODHA/ADHA

 

Pewarta: Aries Wasita Widi Astuti
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Solo siapkan sekolah untuk anak pengidap AIDS

Komentar