Jakarta  (ANTARA News) - Menteri Sosial pada Kabinet Pembangunan IV pada masa pemerintahan Presiden Soeharto, Nani Soedarsono meninggal dunia karena sakit setelah dirawat di RS Medistra Jakarta, Sabtu, pukul 15.10 WIB.

Sekjen Kementerian Sosial Hartono Laras yang dihubungi di Jakarta, Sabtu mengatakan, Nani yang menjabat Menteri Sosial pada 1983-1988 tersebut akan dimakamkan di TMP Kalibata pada Minggu 17 Februari.

"Betul, beliau sakit dan dirawat di RS Medistra. Keluarga besar Kementerian Sosial menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya beliau," katanya.

Nani Soedarsono lahir di Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah, 28 Maret 1928. Ia merupakan alumni Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada. Ia juga aktif di organisasi sosial dan politik.

Sebelum menjabat menteri, Nani yang memiliki nama lengkap Rr Naryati sudah memegang berbagai jabatan penting antara lain Wakil Ketua DPP Golkar, anggota Komisi III DPR, Sekjen Kowani, dan Ketua Umum Himpunan Wanita Karya.

Nani menikah dengan Soedarsono pada 1953 yang merupakan teman kuliahnya di FH UGM. Pasangan ini dikaruniai seorang putra dan dua putri. 

Dikutip dari www.nanisoedarsono.com, kemampuan intelektual yang diperoleh dari perguruan tinggi, mendorong Nani membaktikan kemampuannya dengan mendirikan sekolah dan menjadi guru SMA "Indonesia", sekolah lanjutan untuk  pemuda Indonesia meski mereka sudah tidak remaja lagi. Murid-muridnya kebanyakan berasal dari luar Jawa karena keterbatasan sarana gedung sekolah.

Potensi dan kemampuannya tidak berhenti sebagai guru, di sela-sela kuliahnya pun digunakan untuk menjadi penyiar RRI Yogyakarta, mengasuh program tentang wanita. 

Saat  Nani masih mahasiswa sampai lulus sebagai sarjana hukum, ia membaktikan dirinya sebagai staf di Balai Penelitian dan Peninjauan Sosial Yogyakarta.
 


 

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019