counter

Kawanan gajah kembali rusak perkebunan warga Lampung Barat

Kawanan gajah kembali rusak perkebunan  warga Lampung Barat

Kawanan gajah Sumatra (Elephas maximus sumatranus) liar berada di kebun warga ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/ama)

Bandarlampung (ANTARA News) - Kawanan gajah liar kembali masuk ke perkebunan serta merusak puluhan hektare tanaman di sawah yang berada di Pekon (Desa) Roworejo, Kecamatan Suoh, Kabupaten Lampung Barat.

"Iya tadi sore kawanan gajah kembali masuk dan merusak lahan perkebunan dan pertanian milik warga termasuk sawah," ujar Eko, seorang warga saat dihubungi dari Bandarlampung, Sabtu.

Menurutnya, kawanan gajah sudah hampir dua pekan menginap di lahan perkebunan dan pertanian milik warga di Pekon Roworejo, Kecamatan Suoh, Lampung Barat.

Dia menerangkan, para pemilik lahan perkebunan dan pertanian hanya dapat melihat dari jarak terdekat sekitar 50 meter saja.

"Kami  belum berani mendekat, karena tidak mau mengambil risiko," katanya.

Eko menjelaskan, puluhan kawan gajah ini sudah hampir satu bulan menginap di dekat permukiman warga dan sampai saat ini kawanan gajah tersebut berpindah dari pekon satu ke pekon lainnya.

"Bila diusir dari pekon Roworejo maka akan berpindah ke pekon lainnya. Karena hutan ini dikelilingi oleh rumah penduduk," ungkapnya.

Eko mengharapkan, kepada pemerintah Provinsi Lampung khususnya Dinas Kehutanan Lampung untuk bisa mencarikan solusisi agar kawanan gajah ini bisa keluar dari permukiman warga.

Baca juga: Taman Satwa Surakarta cari pengganti gajah jantan
Baca juga: Gajah liar serang gajah jinak di Bener Meriah

Pewarta: Triono Subagyo
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar