Namun, saya pribadi masih yakin exco akan melakukan KLB. Kalau itu yang terbaik, kenapa tidak keputusan itu yang diambil
Jakarta (ANTARA News) - Manajer klub Madura United Haruna Soemitro mengatakan, dirinya  menyetujui digelarnya kongres luar biasa (KLB) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dengan catatan KLB tersebut berlangsung atas permintaan komite eksekutif (exco) PSSI.

"KLB sebaiknya jangan atas prakarsa voters atau para klub karena tahun ini tahun politik. Kalau begitu sepak bola sebagai pemersatu bangsa dapat kembali tercabik-cabik karena urusan KLB," ujar Haruna di Jakarta, Senin.

Menurut dia, KLB adalah terobosan yang harus dilakukan exco PSSI agar perkembangan sepak bola Indonesia tidak terganggu.

Dengan mengadakan KLB, exco PSSI dianggapnya dapat menyerap aspirasi masyarakat dan sejalan dengan perkembangan kondisi persepakbolaan terkini.

Wacana untuk KLB kembali muncul ke permukaan usai Ketua Umum PSSI Joko Driyono ditetapkan sebagai tersangka pengrusakan barang bukti yang diduga terkait pengaturan skor oleh Polri.

KLB ini sendiri digelar untuk mengganti pucuk pimpinan organisasi yang berdiri sejak tahun 1930 itu.

Berdasarkan pasal 30 Statuta PSSI, ada dua syarat KLB bisa dilaksanakan. Pertama, atas permintaan exco PSSI. Exco sendiri berhak melakukan KLB setiap saat.

Kedua, berlangsung atas permintaan tertulis resmi dari 2/3 pemilik suara (voters) PSSI. Jika ini yang terjadi, KLB wajib dilaksanakan dalam waktu tiga bulan setelah permintaan diterima. 

"Namun, saya pribadi masih yakin exco akan melakukan KLB. Kalau itu yang terbaik, kenapa tidak keputusan itu yang diambil," kata Haruna. 

Baca juga: Sekjen: Joko Driyono masih ketua umum PSSI
Baca juga: Plt Ketum PSSI diperiksa terkait perusakan barang bukti
Baca juga: Berlinton dan Glenn Sugita resmi mundur dari LIB


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019