Festival Pesona Teluk Tomini digelar lagi di Parigi Moutong, Sulteng

Festival Pesona Teluk Tomini digelar lagi di Parigi Moutong, Sulteng

Lomba Lari Equator 10Km Sejumlah peserta kategori putra internasional asal Kenya menuju garis finis ketika mengikuti lomba lari Equator 10 Km pada rangkaain kegiatan Festival Pesona Teluk Tomini 2017 di jalur Trans Sulawesi di Desa Maninili Utara, Tinombo, Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Sabtu (1/4). Lomba yang dikuti sekitar 1.500 orang itu dibagi menjadi empat kategori yaitu, Putra Internasional, Putri Internasional, Nasional dan Pelajar. (ANTARA /fs/Ridwan)

Penyelengaraan Festival Pesona Teluk Tomini 2019 diawali dengan pemilihan Putra Putri Bahari mula 19-22 April mendatang
Parigi, Sulteng (ANTARA News) - Kegiatan kepariwisataan bertajuk Festival Pesona Teluk Tomini (FPTT) di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, akan digelar kembali pada April 2019 sesuai kalender nasional Kementerian Pariwisata.

"Penyelengaraan Festival Pesona Teluk Tomini 2019 diawali dengan pemilihan Putra Putri Bahari mula 19-22 April mendatang," kata Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu saat dihubungi di Parigi, Jumat.

FPTT ini digelar bersamaan dengan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII di Parigi.

"Jika tidak ada perubahan jadwal, penutupan FPTT dilanjutkan pembukaan Porprov VIII. Dua agenda kegiatan berbeda diharapkan meriah," ujarnya.

Sebelumnya, pada Selasa 19/2), bupati mengumpulkan semua kepala organisasi pemeritnah daerah (OPD) untuk meminta mereka mempersiapkan dengan matang seluruh agenda FPPT dan Porprov VIII.

FPPT sendiri akan diawali dengan pemilihan Putra Putri Bahari Parigi Moutong yang akan dilakukan melalui seleksi ketat, terutama mengenai kesehatan peserta.

Pengumuman Putra-Putri Bahari parigi Moutong ini diharapkan akan lebih meriah karena bertepatan dengan pembukaan Porprov VIII Sulawesi Tengah yang akan dihadiri ribuan orang, yang terdiri atas para atlet dan ofisial, pejabat dari berbagai kabupaten/kota serta masyarakat Parigi Moutong.

"Karena kedua kegiatan itu disatukan maka panitia FPTT dan Porprov VII harus duduk bersama merumuskan konsep penyelenggaraan yang ideal," kata bupati.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Parigi Moutong Zulfinachri mengatakan, saat ini pihaknya bersama KONI setempat sedang meramu dua agenda besar di Parigi sehingga bisa menjadi sajian yang menarik untuk publik.

Setelah pemilihan Putra Putri Bahari, kegiatan FPPT akan dilanjutkan dengan lomba fotografi objek wisata pada 22 April, Festival Musik Tradisional 19-21 April, Festival Kuliner 19-22 April dan Tomini Fashion Carnival 22 April 2019.

Selain FPTT, katanya, pada Oktober mendatang pihaknya akan menggelar Festival Come Aimo, Marathon Equator 10 kilometer, photo underwater, lomba sumpit tradisional, pergelaran adat Masoro, lomba panahan, lomba perahu layar, lomba arung jeram dan International Triathlon.

"Kami ingin kegiatan kepariwisataan ini berdampak pada peningkatan kunjungan wisata di Parigi Moutong melalui dukungan Kementerian Pariwisata serta berdampak terhadap ekonomi masyarakat setempat," katanya.

Mantan Kepala Dinas Perhubungan Parigi Moutong itu menambahkan, sesuai petunjuk Kementerian Pariwisata, agenda kepariwisataan yang telah disusun melalui Festival Come Aimo menyasar wisatawan Eropa.

Baca juga: Teluk Tomini Destinasi Wisata Bahari Dunia

Baca juga: Teluk Tomini didorong jadi kawasan strategis nasional

Pewarta: Rolex Malaha
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Polda Sulteng selidiki keterlibatan pemodal di tambang ilegal Parigi Moutong

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar