Palu (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah mengunjungi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) membahas persiapan Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional (Potradnas) 2024 di kabupaten itu.
 
"Tujuan kedatangan kami menemui Deputi Pemberdayaan Olahraga untuk melaporkan perkembangan persiapan penyelenggaraan kegiatan, karena Parigi Moutong dipercayakan sebagai tuan rumah kegiatan," kata Penjabat (Pj) Bupati Parigi Moutong Richard Arnaldo melalui keterangan tertulisnya di terima di Palu, Rabu.
 
Dalam pertemuan itu ia meminta Kemenpora mengundur jadwal kegiatan Potradnas dan Kejuaraan Antara Kampung (Tarkam) yang semula telah ditetapkan pada 4-6 Mei 2024, mengingat saat ini siswa/siswi sedang melaksanakan ujian nasional.
 
Oleh karena itu apa yang menjadi masukan  dapat menjadi bahan pertimbangan Kemenpora, supaya tujuan kegiatan ini mensosialisasikan olahraga tradisional kepada masyarakat dan anak-anak serta insan pendidikan dapat tercapai dengan baik.
 
"Venue kegiatan sudah kami siapkan dengan baik, jadwal pelaksanaan kegiatan berbenturan dengan ujian anak-anak sekolah yang juga prioritas dalam penyelenggaraan pendidikan, sehingga langkah yang kami tempuh mengundur jadwal kegiatan," ujarnya.
 
Di kesempatan itu ia berterima kasih kepada Kemenpora memberikan kesempatan melaksanakan kegiatan olahraga tradisional, sebagai upaya pemerintah dalam meningkatkan minat dan bakat generasi muda di bidang keolahragaan.
 
"Olahraga tidak hanya sebagai sarana untuk kebugaran dan kesehatan tubuh, tetapi juga dapat menjadi sarana rekreasi," ucap Richard.
   
Sekretaris Deputi Pemberdayaan Olahraga Kemenpora Aris Subiyono mengemukakan bahwa pihaknya telah menerima surat Pemkab Parigi Moutong terkait permohonan pengunduran jadwal kegiatan Potradnas dan Tarkam.
 
Surat tersebut selanjutnya akan dibahas oleh pihaknya secara internal, lalu disampaikan kepada deputi untuk pengambilan keputusan.
 
"Setelah kami mendengar langsung penjelasan PJ bupati, maka kami bersama tim membahas lebih lanjut penundaan kegiatan. Bakanya daerah lain menyatakan kesiapan menyelenggarakan Potrandnas dan Tarkam, oleh sebab itu kami meminta Pemkab Parigi Moutong memaparkan lebih rinci kesiapan kegiatan," tutur Aris.
 
Tahun 2023 Parigi Moutong menjadi tuan rumah kejuaraan Tarkam, di mana kegiatan tersebut sukses dilaksanakan dan mendapat apresiasi dari Kemenpora.

Baca juga: Potradnas jadi salah satu upaya bangkitkan UMKM

Pewarta: Mohamad Ridwan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024