Jakarta (ANTARA) -
Sejumlah pesohor Tanah Air menyambut hangat peluncuran Kejuaraan AntarKampung (Tarkam) Kementerian Pemuda dan Olahraga, yang akan bergulir mulai 19 Agustus 2023.
 
Ajang itu akan mempertandingkan lima cabang olahraga yakni bola basket, bulu tangkis, lari, tenis meja, dan bola voli, di 32 kabupaten/kota di Indonesia.
 
"Jujur saya senang banget Kemenpora menggelar Kejuaraan AntarKampung, akhirnya orang-orang seperti saya dan teman-teman lainnya bisa memiliki mimpi lebih dini untuk memberikan kemampuannya melalui beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan," kata komedian tunggal Marshel Widianto dalam keterangan tertulis yang diterima pewarta di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Charly van Houten dedikasikan lagu ciptaannya untuk Menpora Dito
 
Sementara itu, aktor dan komedian Aldi Taher menilai ajang tersebut dapat menjadi sarana untuk mencari bibit unggul atlet di Indonesia.
 
"Hasil dari kejuaraan ini tidak menutup kemungkinan dapat bertanding di luar negeri membawa nama Indonesia. Sekaligus Go International," ucap sosok yang populer dengan lagu-lagu jenakanya tersebut.
 
Sementara itu, presenter kondang Valentino Simanjuntak menyebut ajang tersebut merupakan contoh kebijakan bottom-up yang dapat membuka pintu atlet amatir menuju profesional.
 
Namun menurut Valentino, hal sebaliknya juga dapat terjadi. Tidak menutup kemungkinan seorang atlet nasional yang sudah habis masa kejayaannya, untuk melanjutkan karir atletnya sebagai pemain tarkam.
 
"Ini merupakan langkah yang luar biasa yang dilakukan oleh Pak Jokowi, yang dikomunikasikan kepada Pak Menpora Dito dan langsung direalisasikan," ucap pria yang akrab dengan julukan Jebret itu.
 
"Sehingga masyarakat di kampung-kampung pun nantinya akan lebih terpacu untuk berolahraga, tubuh lebih bugar dan produktif," pungkas Valentino.

Baca juga: Kejuaraan Antarkampung Kemenpora pertandingkan lima cabang olahraga
Baca juga: Aldi Taher hingga Marshel siap jadi duta Kejuaraan Tarkam Kemenpora

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023