Gorontalo  (ANTARA News) - Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto di Gorontalo, Jumat, menilai Provinsi Gorontalo sudah jauh lebih maju dalam lima tahun terakhir.

Menurutnya daerah tersebut sudah mengalami kemajuan yang pesat di berbagai bidang, dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Ia berkisah awal karir militernya yang ditugaskan di Batalyon 713 Satya Tama Gorontalo pada tahun 1968.

Wiranto yang berpangkat Letnan Dua kala itu ingat bagaimana ia pertama kali ditugaskan di daerah Botumoito, Kabupaten Gorontalo (sekarang Kabupaten Boalemo). 

Sulitnya akses ke lokasi membuatnya harus gonta-ganti transportasi hingga tiba di lokasi tugas. 

"Dulu nggak ada listrik, sekarang ada listrik. Tidak ada jalan, sekarang ada jalan. Dulu naik kapal, sekarang naik pesawat. Kemajuan itu karena apa? Karena ada pembangunan. Bisa membangun karena kita satu sebagai bangsa, bhineka tunggal ika," katanya saat memberi arahan kesiapan pemilu di Gorontalo.

Sementara itu, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyebut suksesnya pembangunan Gorontalo karena dukungan dari pemerintah pusat.

Hal itu tidak terlepas dari perhatian Presiden Jokowi kepada daerah, khususnya Gorontalo.

"Empat tahun di bawah kepemimpinan pak Presiden Jokowi, Gorontalo mendapatkan bantuan yang cukup banyak. Untuk listrik saja, pada 3 Juni tahun 2016 bapak presiden berkunjung ke Gorontalo untuk meresmikan PLTG di Kabupaten Pohuwato. Ini merupakan program 35 Ribu Megawatt, yang pertama selesai Gorontalo," jelas Rusli.

Selain listrik, ada juga program pendidikan gratis, kesehatan gratis termasuk bantuan di sektor pertanian.

Ia mengklaim sektor itu bahkan sukses dengan produksi jagung 1,5 juta ton berkat bantuan dari Kementerian Pertanian.

"Ini yang dirindukan oleh masyarakat Gorontalo yakni pembangunan yang berkelanjutan. Walaupun empat tahun ini kami telah menikmati pembangunan dari pemerintah pusat, masih banyak juga program-program yang masih diharapkan oleh pemerintah dan rakyat Gorontalo," tambahnya.

Terkait pelaksanaan Pemilu nanti, Menko Polhukam berharap agar Provinsi Gorontalo bisa sukses menggelar pesta demkorasi lima tahunan secara aman dan damai.

Ia meminta kepala daerah dapat menjalin sinergitas dengan semua pemangku kepentingan, agar koordinasi berjalan dengan baik.

Baca juga: Wiranto ajak masyarakat pilih pemimpin berpengalaman
Baca juga: Menko Polhukam: Ledakan di lokasi nobar ulah orang usil

Pewarta: Debby H. Mano
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019