Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinisi DKI Jakarta melalui Dinas Perindustrian dan Energi Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan rangkaian kegiatan pameran gelar produk kreatif Industri Kecil dan Menengah (IKM) sepanjang tahun 2019.
     
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian dan Energi Provinsi DKI Jakarta, Ricki Marojahan Mulia secara simbolis membuka kegiatan Gelar Produk Kreatif Jak-IKM ini yang bertempat di Ruang Serbaguna Blok G, Balaikota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin.

"Pemprov DKI Jakarta menyambut dan apresiasi inisiasi Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta yang menyelenggarakan acara Gelar Produk IKM Kreatif DKI Jakarta 2019," kata Ricki dalam pameran bertajuk  “Menjadikan IKM DKI Jakarta yang Inovatif, Kreatif dan Mandiri (Jak-IKM)”. 
   
Dia berharap ajang ini mampu menarik minat generasi muda untuk berkreativitas terus melakukan inovasi dengan penciptaan produk terbarukan yang ramah lingkungan dan meningkatkan rasa cinta masyarakat pada produk kreatif hasil dalam negeri, serta meningkatkan perekonomian dan citra positif DKI Jakarta.
   
Lebih lanjut, Ricki mengatakan Pemprov DKI Jakarta berharap kegiatan Gelar Produk Kreatif Jak-IKM Tahun 2019 ini dapat memberikan kesempatan dan peluang yang baik bagi para pelaku IKM untuk memperkenalkan, meningkatkan dan mengembangkan produk kreatif baru agar memiliki daya saing tinggi, sehingga mampu menciptakan peluang kerja untuk masyarakat. 
     
Kegiatan ini harus menjadi momentum untuk mendorong target perluasan pemasaran, tambah Ricki, antara lain dengan melakukan terobosan baru yang inovatif bagi produsen produk-produk kreatif IKM. 
   
"Pada 2019 ini baru pertama, rencananya  kita akan mengadakan dalam 20 kali sepanjang tahun ini, (pesertanya) 60 IKM setiap event, jadi rencananya sampai akhir tahun nanti 1.200 IKM," kata Ricki.
   
Jadi dengan adanya promosi di sini nanti masyarakat tahu bahwa kita punya sesuatu yang kreatif IKM yang produknya berbeda, eksklusif, kreatif, dibandingkan produk-produk di pasaran lainnya. 
     
Diharapkan juga menjadi pijakan tekad bersama untuk mewujudkan pengembangan dan peran industri kreatif menuju visi ekonomi kreatif Indonesia tahun 2025, katanya.

Baca juga: Kemenperin gelar pameran produk IKM unggulan Jakarta

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019