Nanti kita bangun lebih banyak. Kalau bisa di seluruh Jakarta, kita memiliki gerai-gerai seperti ini
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah provinsi DKI Jakarta menyediakan harga pangan terjangkau untuk keluarga karyawan atau pekerja dengan penghasilan di ambang batas melalui penyediaan Gerai Sekretariat Federasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Logam Elektronik dan Mesin (L.E.M) di Cakung, Jakarta Timur.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan usai meresmikan gerai itu, Selasa, menyatakan, hal itu merupakan upaya Pemprov DKI Jakarta melalui PD Pasar Jaya dan SPSI dalam menghadirkan keadilan sosial, khususnya bagi buruh Ibu Kota.

"Pembukaan gerai ini untuk upaya mengentaskan ketimpangan di Ibu Kota harus dilakukan bersama-sama, salah satunya melalui Gerai SPSI L.E.M yang menghadirkan kebutuhan pangan bersubsidi," kata Anies.

Dalam kegiatan yang juga dilakukan pemberian Kartu Pekerja tersebut, Gubernur menekankan kebijakan Pemprov DKI Jakarta dalam membuka peluang bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Nanti kita bangun lebih banyak. Kalau bisa di seluruh Jakarta, kita memiliki gerai-gerai seperti ini. Gerai ini harus hadir di manapun, di tempat yang kita nilai memiliki kebutuhan pangan bersubsidi," kata Anies.

Dia mengatakan terutama di kampung yang ada kemiskinan ekstrem, di situ gerai harus hadir. Kemudian bila ada industri dengan para pekerja yang bekerja dengan upah di ambang batas, maka gerai harus hadir di tempat-tempat yang membutuhkan.

Gubernur berharap masyarakat sekitar bisa terus memberikan saran, kritik dan masukan agar setiap kebijakan menjadi tepat sasaran maupun tepat guna.

Anies pun mengharapkan manfaat atas kebijakan penyediaan kebutuhan pangan murah mampu dirasakan pekerja dan buruh di sektor lain seperti pendidikan.

"Saya berharap sekali ini mudah-mudahan menjadi pembuka dan bagi masyarakat yang berada di sekitar sini, nanti berikan masukan kembali," katanya.

Anies juga meminta masukan sebagai pengguna, apa yang perlu ditingkatkan dari gerai ini. Karena tugas Pemprov DKI dan PD Pasar Jaya bertanggung jawab untuk bisa terus-menerus melakukan peningkatan layanan.

"Jadi, saya berharap diberikan masukan balik. Nanti disiapkan untuk kita secara serius melayani warga dan feedback-feedback-nya, sehingga kita bisa terus-menerus meningkat," kata Anies.

Baca juga: Anies akan terima nama Cawagub dengan tanda tangan lengkap
Baca juga: Anies melantik 1.125 pejabat baru


 

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019