Pekanbaru (ANTARA News) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru M Noer MBS mengatakan, Ibu kota Provinsi Riau itu akan menjadi tuan rumah puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Damkar, Satpol PP, dan Linmas se-Indonesia yang akan berlangsung 6 Maret 2019.

"Persiapan sebagai tuan rumah sudah diatas 70 persen," kata M Noer MBS di Pekanbaru, Kamis.

Disebutkan M Noer MBS setidaknya upacaraga lembaga ini akan diikuti 2.000 peserta dari kabupaten/kota seluruh Indonesia, dan 10.000 tamu undangan.

"Puncak perayaan agenda nasional itu dipusatkan di Stadion Kaharuddin Nasution, Rumbai Pesisir," ujarnya.

Untuk pelaksanaan, lanjutnya dia Pemkot Pekanbaru dibantu oleh PT. Nusa Kreasi Persada sebagai "event organizer" (EO) pemenang lelang.

"Dana dianggarkan melalui APBD Pekanbaru, Riau dan APBN dengan sistem lelang sebesar Rp2,9 miliar," tutur Sekda.

Sementara itu Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Pekanbaru, Agus Pramono menambahkan pada kegiatan tersebut, selain Damkar yang akan unjuk keterampilan, Satpol PP juga tampilkan kebolehan.

"Kita sudah siap tampil, 90 persen. Intinya siap tampil, tinggal perlengkapan saja," ucap Agus Pramono.

Sambung dia bahkan timnya sudah melakukan simulasi sebelum hari puncak. Selain persiapan untuk kegiatan, pihaknya juga rutin membersihkan Pekanbaru dari Gelandang dan Pengemis (Gepeng).

"Kita sudah terbiasa simulasi sebelum itu dan secara rutin menegakkan Perda, seperti razia gepeng agar acara berjalan dengan baik," ucapnya.

 

Pewarta: Fazar Muhardi/Vera Lusiana
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019