Kerajinan "action figure" capres banjir pesanan

Kerajinan "action figure" capres banjir pesanan

Seorang perajin mini action figure karaktercalon Presiden saat sedang proses produksi di RT 02 RW 06 Jalan Duku VIII No.14 Jajar Solo, di Solo, Selasa, (Foto:Bambang Dwi Marwoto)

..harga setiap mini figure tokoh Jokowi dan Prabowo ini, dibandol harga Rp350 ribu hingga Rp1 juta..
Solo (ANTARA) - Seorang perajin action figure berkarakter calon Presiden asal Kelurahan Jajar Kecamatan Laweyan Kota Solo Jawa Tengah, kebanjiran pesanan dengan memanfaatkan momentum Pemilu 2019.

Perajin Iwan Wiryawan (41) warga RT 02 RW 06 Jalan Duku VIII No.14 Jajar Solo, di Solo, Selasa, mengatakan, dirinya membuat kerajinan action figure karakter Calon Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto, selain memanfaatkan momentum Pilpres untuk meraih rejeki melalui karyanya, juga menyampaikan pesan kepada masyarakat.

"Saya melalui karyanya ini, ingin menyampaikan pesan momen Pilpres ini jangan sampai membuat para pendukung masing-masing pasangan calon memanas," kata Iwan Wiryawan yang mengaku pensiunan satpam sebuah bank di Solo.

Iwan Wiryawan dengan memiliki hobi melukis mencoba berkreasi dengan membuat mini figure capres paslon nomor urut 01 dan 02. Dirinya mulai mencoba menekuni melukis secara otododak sejak 2000 hingga sekarang.

Iwan dari tangannya yang terampil membuat kerajinan yang tercipta karya indah berupa mini figure para tokoh, negarawan, dan pejabat untuk dipasarkan ke masyarakat umum.

"Saya membuat mini figure para tokoh atau negarawan itu, sebetulnya sejak 2014, tetapi belum dipasarkan untuk umum. Sedangkan pada 2019 mulai produksi lagi untuk pasar," kata Iwan mengaku seorang bapak miliki dua anak itu.

Iwan mengatakan makin panasnya suhu politik pada pehelatan Pilpres 2019 ini, membuat dirinya membuat mini figure tokoh Jokowi dan Prabowo yang mengenakan pakaian adat berbangkon yang bisa bergerak geleng-geleng kepalanya.

Menurut dia, dengan mini figure tersebut dirinya ingin mengajak masyarakat untuk menikmati momen pesta demokrasi yang digelar lima tahun sekali ini, dengan santai dan damai dari karyanya.

Iwan yang hanya sendirian dan tidak dibantu tenaga kerja kemampuan produksi mini figure tokoh negarawan tersebut rata-rata satu produk membutuhkan waktu sekitar satu jam.

Proses produksi tidak mengalami kesulitan, kata dia, dengan bahan baku clay atau rubber resin atau fiber glass dan akrilik untuk pewarnaan yang mudah dicari di pasaran. hasil karyanya ini, memiliki tingkat kedetailan yang mirip dengan aslinya seperti bola mata, ekspresi hingga guratan pada wajahnya agak sulit dibuat.

"Saya membuat tokoh dengan pakai pakaian adat itu, artinya asli produksi Indonesia. Saya bikin bisa geleng-geleng itu, karena situasi politik sedang memanas. Namun, mereka jika melihat itu, minimal tersenyum tidak jadi emosi," kata Iwan.

Menurut dia, harga setiap mini figure tokoh Jokowi dan Prabowo ini, dibandol harga Rp350 ribu hingga Rp1 juta, dan pesanan melalui daring banyak datang dari Jakarta. Januari menerima pesanan sebanyak 15 buah mini figure Capres Jokowi dan Prabowo. Begitu juga Februari dan Maret ini, juga banyak menerima pesanan.

"Saya berharap dengan karya seni ini dapat membawa berkah dan Pemilu damai," kata Iwan.

 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Miniatur pesawat dari limbah kayu balsa

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar