Ketidakpastian kebijakan yang tinggi, ketegangan perdagangan yang sedang berlangsung, serta erosi lebih lanjut dari bisnis dan kepercayaan konsumen semuanya berkontribusi terhadap perlambatan
Paris (ANTARA) - OECD memangkas prakiraan pertumbuhan ekonomi global pada 2019 dan 2020, menyusul penurunan proyeksi sebelumnya pada November, dengan memperingatkan bahwa sengketa perdagangan dan ketidakpastian Brexit akan memukul perdagangan dan bisnis dunia.

Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi & Pembangunan (OECD) memperkirakan dalam laporan sementaranya bahwa ekonomi dunia akan tumbuh 3,3 persen pada 2019 dan 3,4 persen pada 2020.

Prakiraan tersebut mewakili pemotongan 0,2 poin persentase untuk tahun 2019 dan 0,1 poin persentase untuk tahun 2020, dibandingkan dengan prakiraan OECD sebelumnya pada November.

"Ketidakpastian kebijakan yang tinggi, ketegangan perdagangan yang sedang berlangsung, serta erosi lebih lanjut dari bisnis dan kepercayaan konsumen semuanya berkontribusi terhadap perlambatan," kata OECD dalam laporannya, dikutip dari Reuters.

“Ketidakpastian kebijakan substansial masih ada di Eropa, termasuk tentang Brexit. Keluarnya (Inggris) yang tidak teratur akan meningkatkan biaya bagi ekonomi Eropa secara substansial," tambah OECD.

Eropa tetap dipengaruhi oleh ketidakpastian atas rencana Inggris untuk keluar dari Uni Eropa, pertengkaran perdagangan AS-China dan titik-titik lemah lainnya, seperti tanda-tanda resesi di Italia.

Untuk Jerman, ekonomi terbesar di Eropa, OECD memangkas lebih dari setengahnya perkiraan pertumbuhan PDB 2019 menjadi 0,7 persen dari sebelumnya 1,6 persen.

Pihaknya memprediksi pemulihan ringan ke pertumbuhan 1,1 persen pada tahun 2020. Ekonomi Jerman yang bergantung pada ekspor sangat dipengaruhi oleh melemahnya permintaan global dan meningkatnya hambatan perdagangan.

Sementara itu, data awal bulan ini menunjukkan bahwa pendapatan pribadi AS telah jatuh untuk pertama kalinya dalam lebih dari tiga tahun pada Januari, sementara belanja konsumen turun paling banyak sejak 2009 pada Desember, menempatkan ekonomi terbesar di dunia itu pada lintasan pertumbuhan yang relatif lemah di awal paruh pertama.

China, ekonomi terbesar kedua di dunia, juga menghadapi tanda-tanda pertumbuhan yang gagap.

China berusaha menopang perekonomiannya yang melambat melalui miliaran dolar dalam rencana pemotongan pajak dan pengeluaran infrastruktur, dengan pertumbuhan pada titik terlemah dalam hampir 30 tahun karena permintaan domestik yang lebih rendah serta perang dagang dengan Amerika Serikat.

Baca juga: Dibayangi ketegangan perdagangan dan politik, OECD pangkas proyeksi pertumbuhan global
Baca juga: OECD sebut utang Pemerintah Indonesia tergolong rendah dan terjaga
 

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019