Baturaja (ANTARA) - Kepala Dinas PUPR Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, Helman mengakui 30 persen jalan di kabupaten setempat kondisinya rusak sehingga butuh perbaikan.

"Dari 1.031 KM total panjang jalan di Kabupaten OKU ini, sekitar 30 persen kondisinya masih rusak butuh perbaikan," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) OKU, Helman di Baturaja, Senin (11/3).

Dia mengemukakan, jalan rusak yang belum diperbaiki tersebut tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten OKU mulai dari rusak ringan, sedang hingga rusak berat.

"Sebagian besar jalan yang masih rusak ini merupakan akses perlintasan masyarakat di pelosok desa," katanya menambahkan.

Ia menjelaskan, belum diperbaikinya jalan tersebut karena anggaran yang ada di Dinas PUPR OKU sangat terbatas sehingga tidak bisa memperbaiki kerusakan seluruh jalan di wilayah setempat.

"Mengingat keterbatasan anggaran jadi kami melakukan perbaikan yang menjadi skala prioritas dulu," jelasnya.

Menurut Helman, dana perbaikan jalan yang dianggarkan pihaknya yaitu sekitar Rp500 juta setiap tahunnya yang dinilai masih kurang untuk memperbaiki seluruh akses perlintasan masyarakat di wilayah itu.

"Sedangkan idealnya dana yang dianggarkan seharusnya mencapai Rp100 miliar untuk memperbaiki seluruh jalan rusak di Kabupaten OKU ini," ujarnya. 

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019