Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) melalui Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta kembali menggelar festival Ngopi Bareng KAI dalam rangka memasyarakatkan kopi.

"Mulai sore hari ini,  11 Maret sampai besok malam, 12 Maret pukul 20:00 WIB, di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen ada festival Ngopi Bareng KAI jilid 3," ujar Deputy EVP 1.2 Daop 1 Jakarta Choen Triyanto kepada wartawan di Jakarta, Senin.

Dia menjelaskan bahwa sebanyak 7.500 cup kopi, terdiri dari 5.000 di Stasiun Gambir dan 2.500 di Stasiun Pasarsenen disediakan untuk dinikmati oleh masyarakat. Selain itu pihaknya juga menyediakan masing-masing 100 cup di atas kereta api bagi para penumpang, kesemuanya itu dengan syarat dan ketentuan berlaku yakni menunjukkan aplikasi KAI Access dan hal ini berlaku baik untuk mendapatkan kopi di atas kereta api maupun di stasiun.

"Tujuannya dari kegiatan ini adalah  memasyarakatkan kopi, karena sejak zaman penjajahan Belanda daya tarik hasil bumi Indonesia yang begitu menarik dunia luar adalah kopi. Namun masyarakat kita sendiri kurang begitu menikmati, makanya dengan mengadakan acara Ngopi Bareng ini kami menyosialisasikan kepada masyarakat bahwa kopi itu hasil bumi Indonesia yang paling top," kata Choen Triyanto.

Dia juga menambahkan bahwa festival Ngopi Bareng mendapatkan sambutan sangat baik dari masyarakat sampai-sampai festival sebelumnya yakni Ngopi Bareng jilid dua mendapatkan apresiasi dari Museum Rekor Indonesia dengan predikat sebagai "Pemrakarsa dan Penyelenggara Pembagian Kopi Terbanyak di Kereta Api dan Stasiun".

"Makanya kami lanjutkan ke jilid 3, mudah-mudahan dengan festival Ngopi Bareng ini kami bisa menyosialisasikan untuk perjalanan kereta api dan masyarakat juga diharapkan ikut berpartisipasi untuk menunjukkan bahwa kopi Indonesia adalah kopi terbaik di dunia," tutur Choen Triyanto saat membuka acara tersebut di Stasiun Gambir.

Melihat antusiasme masyarakat terhadap dua festival Ngopi Bareng KAI jilid 1 dan 2 pada 2018 yang begitu tinggi, PT KAI kembali menggelar acara serupa dengan tagline Ngopi Bareng KAI #3 - Enjoy Your Journey With Indonesian Coffee.

Pada acara tahun ini, masyarakat dan penumpang kereta api dapat menikmati kopi gratis yang disiapkan oleh KAI sebanyak total 50 ribu cup di 17 stasiun di 15 kota dan 36 kereta api. Untuk menyuguhkan kopi gratis di stasiun dan kereta api, KAI bekerja sama dengan Komunitas Kopi Nusantara merangkul 200 barista lokal profesional yang akan meramu dan menyuguhkan kopi gratis kepada para pecinta kopi di stasiun dan kereta api jarak menengah serta jauh. (KR-AJI)

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019