pelaksanaan forum ini berdasarkan arahan Wali Kota Tual melalui surat edaran bahwa OPD harus membuat forum guna penyusunan rencana strategis (renstra),
Tual (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes)  Kota Tual menyelenggarakan Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam rangka penyusunan rencana strategis lima tahunan.

Siaran pers yang diterima Antara menyebutkan pelaksanaan Forum OPD Dinkes Tual dilaksanakan di Aula Kantor Wali Kota Tual, Selasa.

Kepala Dinkes Tual, dr Bety Zoebaedah mengungkapkan, pelaksanaan forum ini berdasarkan arahan Wali Kota Tual melalui surat edaran bahwa OPD harus membuat forum guna penyusunan rencana strategis (renstra).

Forum OPD Dinkes Tual bertujuan menyerap penguatan dari OPD lain atau dari lembaga masyarakat seperti IDI, IPI, PKK, LSM, sehingga menjadi tambahan muatan dalam renstra 2019 hingga 2023.

Saat ini telah memasuki tahun pertama periode kepemimpinan Wali Kota Adam Rahayaan dan Wakil Wali Kota Tual Usman Tamnge.

"Tujuannya membuat renstra lima tahun ke depan sebagai pedoman untuk kita menyusun rencana rancangan kegiatan tahunan yang dituangkan dalam rencana kerja tahunan," kata Bety.

Narasumber dihadirkan dari Biro Perencanaan Kementerian Kesehatan untuk memberikan masukan tentang apakah sudah ada renstra kementerian.

"Sesuai penjelasan pada materi yang disampaikan, mereka juga sedang menyusun dan masih karena menunggu RPJMN. Kementerian menginginkan Dinas Kesehatan berjalan sesuai perencanaan yang ada untuk disatukan dalam satu dokumen dan tidak boleh keluar dari draf renstra Kota Tual," ujar Bety.

Melalui forum OPD, Dinas kesehatan Kota Tual lima tahun ke depan bisa bekerja lebih baik dalam melayani kesehatan bagi masyarakat, untuk itu selain OPD dan bagian lingkup Pemkot Tual sebagai peserta, juga dilibatkan perwakilan Puskesmas yang ada di Kota Tual.

Lebih khusus untuk petugas pelayanan kesehatan di kota maupun di pulau-pulau untuk bisa menunjukkan dedikasi dalam pelayanan kesehatan bagi mayarakat.

Pewarta: Jimmy Ayal
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019