Pangkalpinang (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memfasilitasi bantuan permodalan bagi usaha rumah tangga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah itu.

"Kami siap memfasilitasi usaha kerajinan rumah tangga untuk mendapatkan bantuan permodalan dari PT Permodalan Nasional Madani (PNM)," kata Ketua Dekranasda Provinsi Kepulauan Babel Melati Erzaldi Rosman Djohan saat membuka pengembangan kapasitas dan klasterisasi usaha pedagangan dan kuliner di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan, bersyukur dapat mengakses PNM yang merupakan lembaga keuangan untuk membantu modal untuk pelaku usaha pemula dalam mengembangkan usahanya.

"Lembaga keuangan milik negara ini bisa memfasilitasi pelaku usaha kecil untuk mendapatkan modal usaha dan mudah-mudahan kedepannya ada kerja sama antara PNM dengan pemerintah daerah," ujarnya.

Menurut dia selama ini perhatian pemerintah dalam memberdayakan usaha rumah kecil ini sudah sangat besar, dimulai permodalan, perizinan, pengemasan hingga pemasaran, sehingga usaha kecil ini berkembangan dengan baik. "Peran pemerintah sudah luar biasa memfasilitasi pelaku usaha kecil dalam mengembangkan usahanya," katanya.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kepulauan Babel, Elfiyena berharap dengana adanya kegiatan ini dapat meningkatkan sumber daya manusia dalam meningkatkan usahanya.

"Kami berharap para peserta untuk lebih proaktif bertanya kepada narasumber, bagaimana mengembangkan usaha dengan baik dan bagaimana mendapatkan bantuan permodalan usahanya," katanya.

Pewarta: Aprionis
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019