Jakarta (ANTARA) - Ajax terpeleset dan menelan kekalahan 0-1 di kandang AZ Alkmaar dalam laga pekan ke-26 Liga Belanda di Stadion AFAS, Alkmaar, Belanda, Minggu.

Sebuah gol yang dicetak Guus Til untuk tuan rumah, membuat dominasi 64 persen penguasaan bola yang dimiliki Ajax sepanjang laga menjadi sia-sia, demikian catatan pertandingan laman resmi Liga Belanda.

Akibatnya, Ajax yang berada di urutan kedua dengan koleksi 62 poin gagal memangkas jarak lima poin dari pemuncak klasemen PSV Eindhoven (67) yang menang atas lawannya di pertandingan lebih awal.

Sedangkan AZ (47) yang berada di peringkat keempat kini menyamai raihan poin Feyenoord (47) di poisisi ketiga, namun tertinggal dalam selisih gol dibandingkan pesaingnya itu.

Tak hanya kehilangan tiga poin, di laga tersebut Ajax juga mendapati sayap andalan mereka Hakim Ziyech harus meninggalkan lapangan pada menit ke-23 karena mengalami cedera, digantikan Kasper Dolberg.

Ajax sebetulnya masih menguasai pertandingan dalam keadaan kurang menguntungkan tersebut, namun tuan rumah justru mencuri keunggulan lebih dulu memanfaatkan situasi sepak pojok pada menit ke-56 lewat sepakan jarak dekat Til.

Dolberg berusaha menyamakan kedudukan namun tembakannya dari luar kotak penalti masih bisa dijinakkan oleh kiper Marco Bizot.

Klaas-Jan Huntelaar yang masuk pada menit ke-75 segera memperoleh peluang ketika menyambut umpan silang Daley Blind, namun bola tandukannya juga masih bisa diamankan Bizot.

AZ yang menerapkan disiplin pertahanan tinggi sukses menjaga keunggulan 1-0 hingga peluit tanda akhir laga berbunyi, merampok tiga poin dari Ajax yang dua pekan lalu memperlihatkan determinasi untuk lolos ke perempat final Liga Champions menumbangkan raksasa Spanyol Real Madrid.

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Belanda:

AZ Alkmaar (4-3-3): Marco Bizot; Jonas Svensson, Ron Vlaar, Teun Koopmeiners, Thomas Ouwejan; Fredrik Midstjo (Stijn Wuytens), Guus Til, Adam Maher; Calvin Stengs, Mats Seuntjens, Oussama Idrissi (Owen Wijndal)
Pelatih John van den Brom

Ajax (4-3-3): Andre Onana; Noussair Mazraoui, Matthijs de Ligt, Daley Blind, Nicolas Tagliafico; Lasse Schoene (Noa Lang), Donny van de Beek, Frenkie de Jong; Hakim Ziyech (Kasper Dolberg), Dusan Tadic, David Neres (Klaas-Jan Huntelaar)
Pelatih: Erik ten Hag

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2019