counter

Sepak Bola Dunia

Southgate ingin Grealish main di Liga Premier agar masuk timnas

Southgate ingin Grealish main di Liga Premier agar masuk timnas

Jack Grealish (Reuters)

Saya tidak bilang kami tidak ingin memilih pemain dari liga Championship karena bisa saja itu terjadi, tetapi jadi lebih sulit menaksir level dia
Jakarta (ANTARA) - Manajer Timnas Inggris Gareth Southgate menyatakan gelandang Aston Villa Jack Grealish yang sedang bermain pada divisi dua Championship, mesti membuktikan diri dengan bermain di Liga Premier agar bisa mengalami debut tim nasional seniornya.

Grealish (23) pindah kewarganegaraan dari Irlandia menjadi Inggris pada 2015 dan sudah tujuh kali bermain untuk Inggris U-21. Tetapi Southgate malah memberikan kesempatan kepada dua pemain muda Declan Rice (20) dan Callum Hudson-Odoi (18) untuk melakukan debut bersama Timnas Inggris.

"Jack pernah sebentar bersama kami di U-21," kata Southgate kepada wartawan. "Meskipun kami bisa menyaksikan kualitasnya, ketika bukti lawan ada level berbeda, maka sulit menghubungkan secara langsung apa yang dilihat pada satu level di atasnya."

"Sebaliknya dengan Callum (Hudson-Odoi), dia bermain di Liga Europa, dia bermain di Liga Premier, itu bedanya. Saya tidak bilang kami tidak ingin memilih pemain dari liga Championship karena bisa saja itu terjadi, tetapi jadi lebih sulit menaksir level dia."

Grealish menempati peran krusial untuk Villa yang saat menempati urutan enam Championship guna bisa promosi ke liga utama, dengan empat gol dan lima assist selama musim ini.

Terakhir kali dia main di Liga Premier adalah pada 2016 ketika Villa terdegradasi setelah finis di dasar klasemen.

"Anda melihat bagian-bagian tertentu pertandingan tetapi bukan yang lain (di Championship). Bukan soal fisik, bukan pula soal disiplin taktik," kata Southgate. "Ada level lain di Liga Premier (yang tidak ada di Championship): kecakapan, kecepatan."

"Dia pemain yang kami semua sudah kenal, dia pemain yang kami jejak, tetapi itu sedikit bukti yang bisa memberimu keyakinan untuk memilih dia yang saat ini tidak ingin kami lihat. Tetapi sebagai bekas pemain Villa, saya berharap kami tidak terlalu lama lagi untuk melihatnya."

Baca juga: Inggris, Prancis sempurna di pembukaan Kualifikasi Euro 2020

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar