Kita berharap demikian, penyelenggaraannya sukses bahkan lebih dari pada itu OSN ini menjadi perekat antarsiswa dari seluruh Indonesia.
Manado (ANTARA) - Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulawesi Utara Grace Punuh optimistis penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019 di provinsi berpenduduk lebih dari 2,5 juta jiwa itu berjalan sukses.

"Kita berharap demikian, penyelenggaraannya sukses bahkan lebih dari pada itu OSN ini menjadi perekat antarsiswa dari seluruh Indonesia," kata Grace di Manado, Selasa.

Penyelenggaraan OSN di daerah ini terus dikoordinasikan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, bahkan tim pendahulu telah meninjau sekolah-sekolah yang akan dijadikan lokasi penyelenggaraan.

"Kita berharap semua pemangku kepentingan di daerah ini ikut mendukung penyelenggaraan kegiatan ini," katanya.

Sejumlah mata pelajaran akan dilombakan dalam OSN yang akan dilaksanakan 31 Juni-6 Juli 2019 tersebut.

Siswa yang mengikuti OSN di Sulut ini, kata dia, tidak hanya sekadar memacu prestasi semata lewat lomba, akan tetapi akan diperkaya dengan kegiatan pendukung lainnya seperti workshop atau seminar terkait mata pelajaran.

"OSN ini juga akan menjadi momentum bagi guru-guru mata pelajaran menunjukkan kompetensinya. Latihlah anak-anak agar bisa berprestasi lebih meningkat lagi," katanya.

Soal peluang siswa-siswa provinsi ujung utara Sulawesi di ajang ini, Grace optimistis capaian prestasi akan semakin baik.

"Kita berharap bisa mendapatkan medali emas di ajang ini. Tahun lalu kita meraih dua perunggu dan satu perak, mudah-mudahan dengan persiapan matang siswa kita bisa lebih baik lagi," ujarnya.*


Baca juga: Pelajar-pelajar Jakarta juarai Olimpiade Sains Nasional 2018


 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019