counter

Mahasiswi IAIN Palu juara I cerpen dan favorit PIAUD se-Indonesia

Mahasiswi IAIN Palu juara I cerpen dan favorit PIAUD se-Indonesia

Istiana Makarau dan Huzaimah (Antaranews/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Mahasiswi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, berhasil meraih juara I lomba cerpen dan juara favorit duta Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) tingkat nasional.

Dua mahasiswi itu ialah Huzaimah dan Istiana Makarau. Keduanya merupakan mahasiswi semester empat (genap) pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

"Alhamdulillah, berkat kegigihan dan semangat yang tinggi untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan Ikatan Mahasiswa PIAUD Indonesia (IKMPISI), sehingga dapat mengikuti beberapa lombakan secara nasional dan membuahkan hasil yang sangat baik," ucap Ketua Program Studi PIAUD IAIN Palu Dr Marwani, Selasa.

Huzaimah dan Istiana merupakan peserta Pertemuan Nasional II Ikatan Mahasiswa PIAUD Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri se-Indonesia, di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Jogjakarta, yang dilaksanakan sejak 25 - 28 Maret 2019.

Panitia pelaksana pertemuan itu, merangkaikan kegiatan dengan beberapa lomba, di antaranya cerpen dan kontes duta PIAUD yang di ikuti seluruh perwakilan PTKIN se-Indonesia. Lewat kegiatan itu, Huzaimah dan Istiana Makarau unjuk potensi. Mereka menunjukkan kompotensi-nya,
dan terbukti mampu mengungguli perwakilan dari PTKIN lain.

"Ini menjadi prestasi yang membanggakan, serta membawa nama baik lembaga IAIN Palu di tingkat PTKIN seluruh Indonesia," kata Marwani. Istri Wakil Bupati Morowali itu menyebut prestasi yang di raih, tidak terlepas dari dukungan lembaga dan pimpinan serta beberapa dosen, yang berpartisipasi memberikan sumbangan agar dua mahasiswi itu bisa berangkat ke Jogyakarta.

"Semula hanya bisa berangkat satu orang. Namun berkat perjuangan, bantuan sumbangan, bisa kami berangkatkan empat orang mahasiswa. Mereka memberi kontribusi besar terhadap lembaga dan pimpinan IAIN Palu," sebut Marwani.

Ia berharap prestasi yang telah di ukir oleh Huzaimah dan Istiana dapat di contohi oleh mahasiswa khususnya di Prodi PIAUD.

"Kami berharap anak-anak didik kami, khususnya mahasiswa PIAUD supaya lebih semangat lagi untuk terus mengasah potensi agar berprestasi. Selalu meningkatkan kreatifitasnya dan inovasi-inovasi," ujar dia.

Ia meyakini bahwa pimpinan akan terus mendukung mahasiswa bila mengikuti kegiatan di skala lokal maupun nasional. Rektor IAIN Palu Prof Sagaf S Pettalongi MPd memberikan apresiasi kepada Huzaimah dan Istiana atas prestasi tingkat nasional tersebut.

"Selamat kepada Huzaimah dan Istiana. Ini merupakan prestasi yang luar biasa, prestasi yang membanggakan IAIN Palu," ucap Prof Sagaf Pettalongi.

Rektor mengaku terharu, sebab mahasiswa-nya mampu mengukir prestasi tingkat nasional, sekalipun kampus tempat Huzaimah dan Istiana menimbah ilmu porak-poranda di hantam tsunami pada Jumat 28 September 2018. Ketua Lembaga Penjamin Mutu IAIN Palu Dr Askar Ahmad menilai bahwa prestasi Huzaimah dan Istiana merupakan cerminan mutu, kualitas dan daya saing IAIN Palu.

"Ini menunjukkan bahwa IAIN Palu semakin menunjukkan adanya upaya peningkatan mutu yang telah dilakukan oleh civitas akademika IAIN Palu dari tahun ke tahun," kata Askar Ahmad.
Mahasiswi IAIN Palu, Huzaimah menerima hadiah juara 1 lomba cerpen tingkat nasional, di UIN Jogjakarta, Selasa. (Antaranews/Muhammad Hajiji)

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Masnun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar