Wamena (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nduga, Provinsi Papua belum mendistribusikan logistik Pemilu 17 April 2018 untuk delapan distrik karena warga di distrik-distrik tersebut belum berada di tempat.

Ketua KPU Nduga Okcha Nirigi saat di Wamena Ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Kamis mengatakan delapan distrik itu tersebar di daerah pemilihan (dapil) dua dan dapil tiga.

"Ada delapan distrik yang masyarakatnya masih tersebar di mana-mana, jadi logistiknya masih ada di Gudang Wamena. Logistik ini sudah disortir," katanya.

Ia mengatakan sebagian besar logistik telah didistribusikan dari Wamena ke Keneyam, Kabupaten Nduga untuk selanjutnya didistribusikan lagi ke distrik-distrik.

"Sebagian besar sudah didistribusikan. Yang belum itu Distrik Ndal, Yigi, Nipkuri, Mbulyalma, Mbua, Mugi, Mam, Mapendmuma, Kagaem, Paro," katanya.

Okcha memastikan seluruh tahapan pemilu 2019 di kabupaten itu sedang berjalan, misalnya kampanye-kampanye caleg dan pada 30 Maret akan dilakukan pernyataan sikap untuk mewujudkan pemilu damai.

Pada komitmen bersama atau pernyataan sikap itu nantinya dihadiri 16 parpol, caleg, aparat keamanan, penyelenggara dan perwakilan pemerintah serta masyarakat.

"Kami akan lakukan jalan santai bersama sekaligus pernyataan sikap dan bimbingan teknis kepada penyelenggara pemilu tingkat distrik (PPD).***2***

Pewarta: Marius Frisson Yewun
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019