Peserta Lets Gowes Karimunjawa tahun ini bertambah dan 75 persen peserta berasal dari luar Jateng,
Jepara (ANTARA) - Jumlah peserta acara Lets Gowes Karimunjawa #4 yang dilaksanakan di Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Sabtu, mengalami peningkatan sebanyak dua kali lipat jika dibandingkan pada periode sebelumnya.

Selain naik dua kali lipat, acara Lets Gowes Karimunjawa yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemkab Jepara dengan menggandeng beberapa sponsor itu juga didominasi peserta dari luar Jateng.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jateng Sinoeng N. Rachmadi menyebutkan bahwa Lets Gowes Karimunjawa 2019 yang mengusung konsep "sportourism" ini diikuti sebanyak 101 peserta.

"Peserta Lets Gowes Karimunjawa tahun ini bertambah dan 75 persen peserta berasal dari luar Jateng," katanya.

Menurut dia, hal tersebut menunjukkan Objek Wisata Karimunjawa mempunyai potensi "sportourism" yang bisa dikembangkan sebagai upaya menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

"Selama ini, Karimunjawa terkenal dengan wisata pantai, tapi kalau dinikmati dari darat, asyik juga," ujarnya.

Sinoeng berharap peserta Lets Gowes Karimunjawa bisa mendapatkan pengalaman tersendiri selama mengelilingi Kepulauan Karimunjawa.

"Pengalaman gowes di Karimunjawa ini nanti bisa diceritakan kepada teman, saudara, atau komunitas masing-masing peserta," katanya.

Chairman Lets Gowes Karimunjawa Solichoel Soekaemi menambahkan agenda wisata tahunan yang digelar pihaknya kali ini dibagi menjadi dua etape dengan masing-masing etape menempuh jarak 25 kilometer.

Lets Gowes Karimunjawa menempuh rute Alun-Alun Karimunjawa-Pantai Ujung Gelam-Unduh Degan Kemojan-Pantai Laendra-Trekking Mangrove-Pantai Anora dan finish di Alun-Alun Karimunjawa.

Rute Lets Gowes Karimunjawa tersebut banyak trek lurus dengan tanjakan yang tergolong ringan di 2-3 titik.

"Melalui acara 'sportourism' yang 'go green' ini, kami memperkenalkan sekaligus memromosikan Karimunjawa kepada masyarakat luar," ujarnya.***1***

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019