Banyuwangi (ANTARA) - PT XL Axiata Tbk memperkirakan penggunaan layanan data akan meningkat hingga 30 persen pada perayaan Ramadhan dan Lebaran 2019 seiring dengan tingginya permintaan dalam periode ini.

"'Traffic' data Ramadhan dan Lebaran 2019 diprediksi meningkat 30 persen, yang dipengaruhi oleh beberapa faktor," kata Head Customer Experience Management XL Axiata Ahmad Hamzah dalam temu media di Banyuwangi, Jumat.

Ahmad menjelaskan faktor pendorong tersebut antara lain adalah kebiasaan pelanggan yang mengakses data tidak hanya sekadar untuk berkomunikasi dengan orang lain, namun juga untuk akses ke berbagai layanan data lainnya.

Saat ini, sebagian besar layanan data telah digunakan untuk hiburan, media sosial, transaksi jual beli, perbankan, serta mendapatkan informasi terbaru.

Selain itu, kualitas jaringan data yang semakin baik dan merata juga mendorong pelanggan untuk lebih intens mengakses berbagai layanan data dari lokasi yang semakin luas.

Berdasarkan data XL Axiata, total lalu lintas data pada periode Ramadhan dan Lebaran 2018 mencapai 7.000 Terabyte (TB). Namun, penggunaan data pada hari normal di 2019 sudah tercatat 9.300 TB.

Para pelanggan data juga telah mencapai sekitar 82 persen dari total pelanggan XL Axiata dengan jumlah kabupaten kota yang terjangkau layanan 3G maupun 4G LTE mencapai 400.

XL Axiata memproyeksikan layanan streaming video dan musik, yang saat ini menjadi layanan paling dominan, yaitu mencapai 68 persen pada hari normal, akan mengalami kenaikan trafik tertinggi. Dalam layanan streaming, akses ke video via Youtube, Facebook, dan Instagram sangat mendominasi, yaitu mencapai 64 persen. Layanan lain yang banyak diakses adalah instant messaging 17 persen, media sosial 15 persen dan permainan online 2,5 persen.

Selain itu, pada masa mudik dan liburan panjang Lebaran, akses ke layanan peta atau rute digital jalan seperti Waze dan Google Map diperkirakan ikut mengalami peningkatan.

Seperti tahun sebelumnya, kota-kota tujuan utama mudik di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur diprediksi akan mengalami lonjakan layanan sebagai imbas dari terjadinya perpindahan pelanggan. Pada 2018, Jawa Tengah menjadi tujuan utama mudik pelanggan XL Axiata dengan adanya peningkatan jumlah pelanggan hingga 26,11 persen yang sebagian besar merupakan pemudik. Wilayah Jawa Barat juga mengalami kenaikan pelanggan sekitar 14,4 persen, Jawa Timur tumbuh hingga 12,87 persen, Sumatera Selatan sebesar 19,13 persen dan Sumatera Utara 3,52 persen.

Sebaliknya, pelanggan XL Axiata dalam periode Ramadhan dan Lebaran 2018 mengalami penurunan di kawasan Jabodetabek, Bali dan Lombok.
 

Pewarta: Satyagraha
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019